PENGGAMBARAN PERAN SUAMI ISTRI DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN TEH SARIWANGI TAHUN 2012 VERSI MOMEN NGE-TEH PAGI, SORE, DAN MALAM HARI, VERSI MOMEN NGE-TEH MALAM HARI, VERSI BUKA PUASA DI RUMAH BAGIAN 1, VERSI BUKA PUASA DI RUMAH BAGIAN 2)

DITA MARISA SAFITRI, 070710107 (2014) PENGGAMBARAN PERAN SUAMI ISTRI DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN TEH SARIWANGI TAHUN 2012 VERSI MOMEN NGE-TEH PAGI, SORE, DAN MALAM HARI, VERSI MOMEN NGE-TEH MALAM HARI, VERSI BUKA PUASA DI RUMAH BAGIAN 1, VERSI BUKA PUASA DI RUMAH BAGIAN 2). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-safitridit-34171-6.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
154.gdlhub-gdl-s1-2014-safitridit-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran suami-istri digambarkan dalam iklan teh sariwangi versi momen nge-teh pagi, sore, dan malam hari, versi momen nge-teh malam hari, versi buka puasa dirumah bagian 1, versi buka puasa dirumah bagian 2. Peneliti menggunakan iklan teh sariwangi karena iklan ini menggunakan tema mengenai kehidupan suami-istri dalam rumah tangga.Tema ini menjadi menarik untuk diteliti karena selama ini tema keluarga khususnya peran suami-istri dalam kehidupan rumah tangga diangkat menjadi sebuah komoditi dalam membuat sebuah iklan untuk menarik minat pembeli agar mengkonsumsi sebuah produk. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan teorirepresentasi Stuart Hall sebagai panduan untuk menghubungkan apa yang digambarkan media dengan realitas. Tipe penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif tipe ini memungkinkan peneliti untuk mencari pemaknaan secara mendalam terhadap tanda-tanda yang tampak dan untuk membaca tanda pada iklan tersebut peneliti menggunakananalisis semiotik, yang kemudian dianalisis dan diinterpretasi kedalam tiga tingkat analisis John Fiske berdasarkan pada data-data yang telah di dapat mengenai peran suami-istri. Penggambaran peran suami-istri yang ada dalam iklan teh sariwangi versi momen ngeteh pagi, sore, dan malam hari, versi momen nge-teh malam hari, versi buka puasa dirumah bagian 1, versi buka puasa dirumah bagian 2 menunjukkan bahwa peran yang ditampilkan dalam keempat versi iklan teh sariwangi adalah peran dari suami-istri yang banyak ditampilkan di media massa pada umumnya yakni suami memiliki peran sebagai kepala keluarga, menafkahi anak dan istri dan melindungi anak dan istri. sedangkan istri memiliki peran sebagai ibu rumah tangga, merawat anak dan suami, mempersiapkan dan menyediakan kebutuhan anak dan suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 109/14 Saf p
Uncontrolled Keywords: SEMIOTICS; REPRESENTATION; ADVERTISEMENT
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DITA MARISA SAFITRI, 070710107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNisa Kurnia I, , S Sos,M. Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 05 Dec 2014 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item