PENGGAMBARAN BUDAYA TIONGHOA INDONESIA DI SURABAYA DALAM MAJALAH INTERNAL PASAR ATOM & ATOM MALL : “SHOPPING AT PASAR ATOM”

AZMI ADILAH, 0710215067 (2014) PENGGAMBARAN BUDAYA TIONGHOA INDONESIA DI SURABAYA DALAM MAJALAH INTERNAL PASAR ATOM & ATOM MALL : “SHOPPING AT PASAR ATOM”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-adilahazmi-34237-6.abstr-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15844.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggambaran budaya Tionghoa Indonesia di Surabaya dalam majalah internal Pasar Atom & Atom Mall : “Shopping at Pasar Atom” (SAP). Signifikansi penelitian ini untuk mendeskripsikan keragaman gaya hidup etnis Tionghoa di Surabaya, hal ini terkait pendapat yang mengatakan bahwa kehidupan masyarakat Tionghoa Indonesia di Surabaya lebih beragam dan dinamis dibanding daerah lain. Majalah internal SAP dipilih karena merupakan majalah internal yang diposisikan sebagai media promosi suatu pusat perbelanjaan yang kemudian dikonsumsi secara masal dan diasumsi lebih banyak menampilkan konten budaya Tionghoa Indonesia daripada promosi produk ataupun jasa yang ditawarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran budaya Tionghoa Indonesia di Surabaya yang ditampilkan oleh majalah Shopping at Pasar Atom berdasarkan berdasarkan aktivitas masyarakat Tionghoa yang dimunculkan dalam majalah SAP dan mitos apa yang diartikulasikan dari gambaran budaya tersebut. Tinjauan Pustaka yang digunakan yaitu Representasi Gaya Hidup sebagai Bagian dalam Budaya, Sejarah Etnis Tionghoa dalam Media Indonesia, Budaya Masyrakat Tionghoa Indonesia, Majalah Internal sebagai Media Alternatif dan Media Massa serta Analisis Tekstual Semiotik Roland Barthes yang digunakan untuk menganalisis teks pada dua level signifikansi yaitu level denotatif, level konotatif yang kemudian akan menghasilkan mitos untuk melihat seperti apa saja reprsentasi yang ditampilkan. Dari hasil analisis didapatkan temuan bahwa budaya Tionghoa Indonesia di Surabaya secara keseluruhan digambarkan sebagai budaya yang tidak terlepas dari tradisi dan kebudayaan asli leluhurunya. Gambaran budaya tersebut meliputi gaya hidup belanja perlengkapan ritual tradisi dan kepercayaan, aplikasi prinsip fengshui dalam interior dan bisnis, Chinese food culture yang dijalankan, kegiatan berbisnis sebagai budaya, selebrasi perayaan HUT RI, dan kesenian sebagai produk budaya yang diminati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 117/14 Adi p
Uncontrolled Keywords: CULTURE; MAGEZINE; SEMIOTICS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
AZMI ADILAH, 0710215067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, ,S. Sos, M. Med-Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 10 Dec 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 23:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item