FENOMENA AKADEMIK SISWA MISKIN PADA KALANGAN SMAN ELITE DI SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Proses Akademik Siswa Miskin Berprestasi Di Kalangan SMAN 2 dan SMAN 5 Surabaya)

REHYANTAKA PURWASESYANING BUMI, 071014088 (2014) FENOMENA AKADEMIK SISWA MISKIN PADA KALANGAN SMAN ELITE DI SURABAYA (Studi Deskriptif Tentang Proses Akademik Siswa Miskin Berprestasi Di Kalangan SMAN 2 dan SMAN 5 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-bumirehyan-34291-6.abstr-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
165.gdlhub-gdl-s1-2014-bumirehyan-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang dihadapi negara dimanapun. Terutama pada sebuah negara yang masih menuju pada era kemajuan jaman termasuk Indonesia. Wabah kemiskinan yang melanda Indonesia yang tiap tahunnya jumlahnya semakin meningkat. Banyak hal yang dipengaruhi kemiskinan termasuk juga bidang pendidikan. Dimana dampak yang dihasilkan sangatlah kompleks dan sensitif dijadikan sebuah permasalahan sosial. Pendidikan berhak diperoleh oleh siapa saja dan dari golongan manapun termasuk siswa miskin. Pada penelitian ini menggukan teori tindakan sosial Max Weber yang terbagi menjadi tindakan rasionalitas instrumental, tindakan rasional yang berorientasi nilai, tindakan afektif, dan tradisional. Metode yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan paradigma definisi sosial. Setting lokasi di SMAN 2 dan SMAN 5 Surabaya yang tergolong sekolah favorit dan elite. Didapati delapan informan dipilih menggunakan teknik purposive yaitu siswa miskin berprestasi di sekolah elite atau favorit. Hasil penelitian ini ditemukan tindakan rasionalitas instrumental dan tradisional yang tinggi dari siswa miskin serta pengaruh latar belakang orang tua. Ternyata juga terjadi kesenjangan kelas dominan dengan siswa miskin yang sebagai minoritas di sekolah elite. Berbagai upaya para siswa miskin untuk bisa mempertahankan dan mengembangkan prestasinya meskipun tidak dapat mengunnguli dari siswa yang difasilitasi lengkap oleh orang tuanya yang tergolong cukup mampu secara finansial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 45/14 Bum f
Uncontrolled Keywords: ACHEVEMENT MOTIVATION; POVERTY; SOCIAL ACTION
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
REHYANTAKA PURWASESYANING BUMI, 071014088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSudarso, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 12 Dec 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15851
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item