“Interaksi Dan Pola Hubungan Terhadap Anak Pasca Perceraian” (Studi Deskripstif Tentang Interaksi Dan Pola Asuh Terhadap Anak Pasca Perceraian Di Kota Surabaya)

NUR AFNI KUSUMANINGTYAS, 071014002 (2014) “Interaksi Dan Pola Hubungan Terhadap Anak Pasca Perceraian” (Studi Deskripstif Tentang Interaksi Dan Pola Asuh Terhadap Anak Pasca Perceraian Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kusumaning-34300-5.abstr-k.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
167.gdlhub-gdl-s1-2014-kusumaning-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perceraian saat ini menjadi fenomena tersendiri dalam masyarakat, khususnya di Kota Surabaya. Hal tersebut dikarenakan setiap tahunnya angka perceraian di Kota Surabaya meningkat dari tahun ke tahun. Adapun adanya perceraian ini, mengakibatkan anak menjadi korban. Orangtua yang bercerai akan berdampak pada interaksi yang berbeda sebelum perceraian terjadi. Selain interaksi, adanya pola asuh pada anak yang tentu dari orangtua tunggal pasca perceraian Untuk menganalisa permasalahan tersebut maka digunakan teori Interaksionis simbolik `oleh Herbert Blumer, dalam analisanya Blumer menggunakan tiga premis yaitu tindakan terhadap sesuatu berdasarkan maknamakna yang ada pada sesuatu bagi mereka, makna yang berasal dari interaksi sosial seseorang dengan orang lain dan makna yang di sempurnakan saat proses interaksi sosial berlangsung. Metodologi yang digunakan sejalan dengan kerangka teoritik yaitu metodologi kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Hasil Penelitian ini, berdasarkan tiga konsep teori Blummer yaitu tindakan terhadap sesuatu berdasarkan makna-makna yang ada. Interaksi yang berdasarkan tindakan orangtua yang bercerai terhadap anaknya. Adanya tindakan yang memaknai interaksi tesebut tidak hanya pada berdasarkan makna-makna yang ada pada sesuatu bagi mereka, namun tindakan interaksi yang memaknai berdasarkan berinteraksi dengan oranglain dan interaksi yang sempurna saat proses berinteraksi berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 47/14 Kus i
Uncontrolled Keywords: DIVORCE; PARENT AND CHILD
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ811-960.7 Divorce
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
NUR AFNI KUSUMANINGTYAS, 071014002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas’ Udah, , S Sos,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 12 Dec 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item