TINDAKAN SOSIAL JEMAAT AGAMA KRISTEN PROTESTAN “Studi Deskriptif Pemaknaan Jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan Karangpilang Mengenai Aktifitas Beribadah dan Bekerja”

BRIAN DWI OCTAVIANTO, 071014086 (2014) TINDAKAN SOSIAL JEMAAT AGAMA KRISTEN PROTESTAN “Studi Deskriptif Pemaknaan Jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan Karangpilang Mengenai Aktifitas Beribadah dan Bekerja”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-octavianto-34340-6.abstr-i.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-octavianto-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut Horton dan Hunt fungsi agama ada dua, yaitu fungsi Manifest dan Latent. Penelitian ini berusaha menjelaskan fungsi latent agama yang salah satunya adalah mengembangkan seperangkat nilai ekonomi. Max Weber dalam tesisnya The Protestan Ethic and The Spirit Of Capitalism mengatakan bahwa ajaran agama Kristen Protestan yang beraliran Calvinis menimbulkan semangat kapitalisme di dalam diri umat Kristen. Namun di Indonesia, khususnya Jawa Timur tidak nampak seperti hal itu, dimana terdapat gereja beraliran Calvinis yang anggota jemaatnya nampak tidak mengembangkan semangat kapitalis, gereja tersebut adalah GKJW (Greja Kristen Jawi Wetan) Jemaat Karangpilang, Surabaya. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Apa makna dibalik tindakan sosial anggota jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan di dalam melaksanakan aktifitas bekerja dan beribadah? (2) Apakah makna dibalik tindakan sosial yang mendasari aktifitas bekerja dan beribadah tersebut mencerminkan suatu etika protestan? Untuk menjawab focus penelitian, penelitian ini menggunakan kerangka teori tindakan social serta etika protestan dan semangat kapitalis yang dijelaskan oleh Max Weber dengan tipe penelitian kualitatif dan menggunakan paradigma intepretatif yang banyak diwarnai oleh pendekatan Verstehen karya Weber. Subyek pada penelitian ini adalah anggota jemaat GKJW Karangpilang yang dipilih menggunakan metode Purposive. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik Indepth Interview dan dokumentasi. Lalu, tiga teknik analisa data yaitu reduksi data, display data dan akhirnya penarikan kesimpulan. Pada akhirnya penelitian ini menemukan bahwa jemaat GKJW Karangpilang memiliki pemaknaan yang berbeda dengan konsep etika protestan dan semangat kapitalisme yang dijelaskan oleh Weber. Dimana aktifitas ibadah yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan aktifitas ibadah untuk melaksanakan perintah agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 56/14 Oct t
Uncontrolled Keywords: SOCIAL ACTION; PROTESTANT CHRISTIANITY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BX Christian Denominations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
BRIAN DWI OCTAVIANTO, 071014086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMusta’in Mashud, Prof. Dr. , Drs, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item