“CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA” (Studi Tentang Korban Cyberbullying di Kalangan Remaja di Surabaya)

YANA CHORIA UTAMI, 071014029 (2014) “CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA” (Studi Tentang Korban Cyberbullying di Kalangan Remaja di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-utamiyanac-34358-6.abstr-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-utamiyanac-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cyberbullying adalah intimidasi yang terjadi di dunia maya terutama pada media sosial. Bentuk dari cyberbullying adalah ejekan, ancaman, hinaan, ataupun hacking. Fenomena cyberbullying banyak bermunculan dan akibat fatal dari tindakan ini adalah bunuh diri. Akan tetapi cyberbullying yang terdapat di Indonesia masih menjadi hal yang sepele. Untuk menganalisa permasalahan tersebut maka digunakan teori kekerasan simbolik oleh Pierre Bourdieu, dalam analisanya Bourdieu menggunakan tiga konsep yaitu Habitus, Lingkungan(field), dan modal. Metodologi yang digunakan sejalan dengan kerangka teoritik yaitu metodologi kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif dan berparadigma fenomenologi. Informan yang diambil dalam penelitian ini empat remaja dimana karakteristik informan di bawah 18 tahun. Penelitian ini dilakukan di Surabaya yang dipilih secara snowball. Pengumpulan data dengan menggunakan indept interview dan studi pustaka teknik analisis dengan cara transkrip reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini, berdasarkan tiga konsep bourdieu, yaitu habitus, lingkungan(field), dan modal. Habitus dan lingkungan siswa mempunyai pengaruh dalam penggunaan media sosial di kalangan remaja serta juga didukung modal atau alat untuk mengakses dunia maya. Adanya habitus dan lingkungan yang mendukung, menyebabkan munculnya kekerasan simbolik yang dilakukan di media sosial atau disebut sebagai cyberbullying. Cyberbullying yang didapatkan melalui direct attact dan by proxy. Direct attact berbentuk pesan langsung hinaan, ejekan, dan ancaman sedangkan by proxy pengambilan alih account. Dampak dari cyberbullying terlihat pada perubahan sikap dan timbulnya pengucilan terhadap korban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 65/14 Uta c
Uncontrolled Keywords: CRBERBULLYING
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
YANA CHORIA UTAMI, 071014029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas’udah, , S.Sos,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15870
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item