RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (Studi Deskriptif tentang Respon Pedagang Terhadap Relokasi Pedagang Kaki Lima dari Kenjeran ke Pasar Sentra Ikan Bulak)

INDAH DAMAYANTI, 071014082 (2014) RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA (Studi Deskriptif tentang Respon Pedagang Terhadap Relokasi Pedagang Kaki Lima dari Kenjeran ke Pasar Sentra Ikan Bulak). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-damayantii-34372-6.abstr-k.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-damayantii-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketertarikan peneliti dalam mengambil topik relokasi pedagang kaki lima karena sudah banyak sekali pedagang kaki lima yang di relokasi oleh pemerintah karena lokasi pedagang kaki lima yang mengganggu keindahan dan ketertiban kota Surabaya. Meski sudah ada pelarangan berdagang di fasilitas umum, pedagang kaki lima masih nekat untuk menjajakan dangannya di tempat yang sudah dilarang oleh pemerintah. Saat ini sudah banyak sentra PKL yang di bangun oleh pemerintah kota Surabaya. Namun pembangunan tersebut tidak di sambut baik oleh PKL karena menurutnya sentra yang dibangun oleh pemerintah tidak menguntungkan bagi pedagang kaki lima. Fokus penelitian respon pedagang Kenjeran terhadap relokasi yang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya. Menganalisa realitas ini peneliti menggunakan tipe deskriptif dengan menggunakan data-data kualitatif dengan teori difusi inovasi Evertt M. Rogers. Penelitian mengulas bagaimana respon yang diberikan pedagang di Kenjeran mengenai relokasi yang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya. Dalam penelitian ini, informan mengetahui bahwa tempat berdagang yang dahulu merupakan tempat ilegal sehingga pemerintah kota surabaya akan merelokasi pedagang ke tempat yang lebih baik dan tidak menggunakan lahan atau fasilitas umum. Inovasi yang diberikan oleh pemerintah untuk pedagang kaki lima agar proses jual beli berjalan dengan nyaman, aman, bersih dan tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Pembangunan pasar Sentra Ikan Bulak ini tidak berada jauh dari tempat wisata Pantai Ria Kenjeran dan pasar juga berada di wilayah pemukiman warga. Adanya inovasi ini mendapat berbagai respon dari pihak pedagang kaki lima ada yang menerima relokasi ada pula yang menolak relokasi ke pasar Sentra Ikan Bulak. Pedagang yang menolak inovasi ini dikarenakan fasilitas yang masih kurang dari jumlah pedagang kaki lima yang ada jadi tidak semua pedagang dapat menikmati fasilitas tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 72/14 Dam r
Uncontrolled Keywords: RURAL DEVELOPMANT; SMALL BUSINESS
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
INDAH DAMAYANTI, 071014082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSutinah, Dra. , MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item