STUDI EVALUASI SISTEM PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER BIDANG KESEHATAN DI PEMERINTAHAN KOTA SURABAYA

NITA WULANSARI, 071011019 (2014) STUDI EVALUASI SISTEM PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER BIDANG KESEHATAN DI PEMERINTAHAN KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wulansarin-34395-3.abstr-k.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-wulansarin-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai evaluasi pelaksanaan penganggaran responsif gender bidang kesehatan yang ada di pemerintahan Kota Surabaya dengan ditinjau dari tahapan input, process, output dan outcomes. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini meliputi institusi pemerintah daerah yang menjadi bagian dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebagai pihak eksekutif dan Badan Anggaran yang sekaligus menjadi bagian dari Komisi D DPRD Kota Surabaya sebagai pihak legislatif. Adapun TAPD yang dimaksud meliputi Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Surabaya, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kota Surabaya, dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Sementara teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri atas wawancara mendalam dengan format pertanyaan terbuka, obeservasi langsung dan pemanfaatan dokumen tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sementara teknik pemeriksanaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan penganggaran yang ada di Pemerintahan Kota Surabaya telah menggunakan perspektif responsif gender meskipun beberapa diantaranya masih terdapat kekurangan-kekurangan. Pemahaman penganggaran responsif gender antara eksekutif dan legislatif belum satu padu. Dari sisi input sudah terdapat dukungan regulasi, dukungan kelembagaan dan SDM, dukungan dana dan instrumen analisis. Dari sisi output, masih terdapat kekurangan karena belum semua data terpilah gender tersedia, namun demikian outcome menunjukkan pelaksanaan penganggaran responsif gender cukup berhasil menekan kesenjangan gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 39/14 Wul s
Uncontrolled Keywords: BUDGET; GENDER; HEALTH
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NITA WULANSARI, 071011019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAntun Mardiyanta, Dr. ,Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item