PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP (PPP) PENGELOLAAN ASET DAERAH (Studi Deskriptif tentang Kemitraan antara Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) Surabaya dengan PT Arwinto Intan Wijaya (AIW) dalam Pembangunan dan Pengembangan Darmo Trade Center (DTC) Surabaya)

HIDAYATUL MASITOH, 071011023 (2014) PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP (PPP) PENGELOLAAN ASET DAERAH (Studi Deskriptif tentang Kemitraan antara Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) Surabaya dengan PT Arwinto Intan Wijaya (AIW) dalam Pembangunan dan Pengembangan Darmo Trade Center (DTC) Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-masitohhid-34397-7.abstr-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-masitohhid-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasarana sebagai penunjang kelangsungan tujuan bernegara. Pemerintah dituntut untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan publik yang menjadi tanggungjawab pemerintah. Tetapi dalam pencapaian tujuan negara tersebut, kendala utama pemerintah adalah keterbatasan anggaran, sehingga perlu adanya kerjasama dengan sektor swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pelaksanaan kemitraan antara Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) Surabaya dengan PT Arwinto Intan Wijaya (AIW) dalam pembangunan dan pengembangan Darmo Trade Center (DTC) Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori Public Private Partnership (PPP), dengan memfokuskan kajian pada model Build Operate Transfer (BOT). Penelitian ini menggunakan tipe penelitian diskriptif kualitatif yang menggambarkan secara rinci mengenai pelaksaan kemitraan PDPS dengan PT AIW. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemitraan antara PDPS dengan PT AIW berjalan sesuai dengan kontrak perjanjian kerjasama yang dilakukan dengan menggunakan model BOT. Akan tetapi, dalam tahapan pelaksanaan PPP tidak sesuai dengan teori yang digunakan. Karena dalam kemitraan tersebut tidak terdapat konsultasi publik, studi kelayakan, tinjauan resiko, bentuk kerjasama dan dukungan pemerintah yang dilakukan oleh PDPS sebelum diadakannya tender. Sehingga kendala yang terjadi yaitu pada awal pelaksanaan pembangunan DTC tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 40/14 Mas p
Uncontrolled Keywords: PUBLIC PRIVATE SECTOR COOPERATION; INFRASTRUCTURE (ECONOMICS)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
HIDAYATUL MASITOH, 071011023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr. ,Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 07:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item