Intensitas Pengawasan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sampah Kota Surabaya

Yohana Eveline Sinaga, 071011046 (2014) Intensitas Pengawasan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sampah Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sinagayoha-34411-6.abstr-k.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15885.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen pengelolaan sampah yang baik berperan penting dalam upaya pembangunan wilayah perkotaan khususnya sebagai salah satu wujud pelayanan kepada masyarakat yang semakin hari semakin bertambah banyak populasinya sehingga sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah sampah. Disamping keseriusan Pemerintah Kota dalam mencapai berbagai prestasi yang telah diraih Kota Surabaya dalam menangani hal kebersihan, terdapat beberapa hal penting yang mempengaruhi kinerjanya dalam mempertahankan maupun meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di wilayah tersebut salah satunya dilihat melalui kegiatan pengawasannya. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan intensitas pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi data diikuti dengan pengkombinasian dan pengkajian data serta mengidentifikasi hubungan diantaranya sehingga menghasilkan data yang absah. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa intensitas pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam peningkatan kualitas pengelolaan sampah di Kota Surabaya adalah sudah berjalan dengan baik, dimana hal ini secara keseluruhan dilihat dari pengawasan internal yang melekat yang diterapkan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam melaksanakan peranannya serta melalui berbagai faktor yang mempengaruhi usaha untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Namun, Dinas Kebersihan dan Pertamanan seharusnya menetapkan standar pengawasan yang baku sehingga pengawasan yang dilakukan dalam upaya pengelolaan sampah menjadi lebih baik dan juga melakukan pelayanan kebersihan secara merata hingga pada wilayah pinggiran Kota Surabaya agar semakin menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 45/14 Sin i
Uncontrolled Keywords: REFUSE AND REFUSE DISPOSAL
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yohana Eveline Sinaga, 071011046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJusuf Irianto, Prof. Dr. H. , Drs. M. ComUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Dec 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item