PENGARUH TINGKAT MODAL SOSIAL WANITA TANI TERHADAP TINGKAT KEBERDAYAAN WANITA TANI PADA PROGRAM PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN DI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

RATNASARI, 071011074 (2014) PENGARUH TINGKAT MODAL SOSIAL WANITA TANI TERHADAP TINGKAT KEBERDAYAAN WANITA TANI PADA PROGRAM PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN DI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ratnasari-34436-6.abstr-k.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
206.gdlhub-gdl-s1-2014-ratnasari-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu menjelaskan pengaruh tingkat modal sosial wanita tani terhadap tingkat keberdayaan wanita tani pada program P2KP. Penelitian ini dilaksanakan di lokasi penelitian yaitu kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek, dengan obyek penelitian dibatasi hanya pada tingkat modal sosial sebagai variabel bebas dan tingkat keberdayaan sebagai variabel terikat. Adapun subyek yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita tani P2KP di Kecamatan Gandusari dan sampel sebanyak 66 responden dengan teknik penentuan area random sampling. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian ekplanatif dan metode penelitian survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik uji korelasi pearson product moment untuk menjelaskan hubungan antar variabel tingkat modal sosial dengan variabel tingkat keberdayaan dan uji regresi linier sederhana, digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel tingkat modal sosial terhadap variabel tingkat keberdayaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif, cukup kuat (sedang) dan signifikan antara variabel tingkat modal sosial dengan variabel tingkat keberdayaan. Berdasarkan hasil tersebut, kemudian diketahui melalui hasil analisis regresi bahwa juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat modal sosial terhadap tingkat keberdayaan wanita tani pada program P2KP. Pengaruh yang disumbangkan variabel tingkat modal sosial wanita tani terhadap tingkat keberdayaan wanita tani pada program P2KP adalah sebesar 35,1%. Sisanya sebesar 64,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukan dalam kajian penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 54/14 Rat p
Uncontrolled Keywords: INFRASTRUCTURE (ECONOMICS); WOMEN FARMERS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RATNASARI, 071011074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item