Studi Deskriptif tentang Proses Koordinasi Pelaksanaan Patroli Gabungan Terpadu dalam Pengawasan Pencemaran Air di Kali Surabaya

DENNY SAMBA, 071011061 (2014) Studi Deskriptif tentang Proses Koordinasi Pelaksanaan Patroli Gabungan Terpadu dalam Pengawasan Pencemaran Air di Kali Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sambadenny-34452-8.abstr-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15898.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan semakin banyaknya industri atau perusahaan yang muncul di sepanjang kali Surabaya serta kondisi pencemaran dan kualitas air kali yang cenderung buruk dan fluktuatif dari tahun ke tahun menjadi satu permasalahan besar. Pada tahun 2008, melalui MoU oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Perum Jasa Tirta 1 dan Polwiltabes Kota Surabaya (Sekarang Polrestabes) di bentuk tim patroli gabungan yang memiliki tugas utama untuk mengawasi pencemaran oleh perusahaan di sepanjang kali Surabaya. Banyak instansi dan masyarakat atau LSM yang memiliki komitmen sama dalam menjaga kualitas air kali Surabaya kemudian bergabung dengan tim patroli gabungan diantaranya Dinas PU Pengairan Provinsi Jatim, Disperindag Provinsi Jatim, LSM Konsorsium lingkungan Hidup, LSM Garis Depan Lingkungan, serta beberapa instansi di kab/kota yang dilalui oleh kali Surabaya. Semua pihak berkomitmen untuk memperbaiki kualitas air di kali Surabaya dengan menindak tegas perusahaan yang terbukti mencemari air kali Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bentuk koordinasi yang dibangun oleh berbagai pihak atau instansi yang terlibat dalam patroli gabungan terpadu serta mencari tahu faktor apa saja yang mempengaruhi koordinasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive. Data yang diperoleh dari wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan dan mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk koordinasi yang dibangun adalah koordinasi horizontal karena diantara berbagai pihak yang terlibat dalam tim patroli ini memiliki kedudukan yang sama atau sejajar di dalam satu struktur dengan menunjuk KLH sebagai koordinator lapangan dan BLH Provinsi Jatim sebagai penanggungjawab melalui kesepakatan bersama. Di dalam pelaksanaan banyak sekali faktor atau variabel yang mempengaruhi kinerja dari tim patroli gabungan sendiri, diantaranya adalah faktor komunikasi, sumber daya, dan adanya informasi. Berbagai faktor yang ada saling berkaitan satu sama lain sehingga kinerja tim patroli dapat kita rasakan sampai saat ini dengan semakin baiknya kualitas air kali Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 62/14 Sam s
Uncontrolled Keywords: WATER-POLLUTION
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD419-428 Water pollution
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
DENNY SAMBA, 071011061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorR. Wahyuni Triana, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item