ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR 65 TAHUN 2011 TENTANG PROSEDUR PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KAWASAN MANGROVE DI WONOREJO SURABAYA

HARRIET FRANCINE ASTRID M., 070911065 (2014) ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR 65 TAHUN 2011 TENTANG PROSEDUR PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KAWASAN MANGROVE DI WONOREJO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-harrietfra-34455-6.abstr-k.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
215.gdlhub-gdl-s1-2014-harrietfra-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mangrove adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh di pesisir pantai. Kota Surabaya merupakan salah satu daerah yang berusaha untuk menjaga dan meningkatkan kawasan mangrove melalui kebijakan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Mangrove. Surabaya adalah kota besar yang memiliki dua kawasan mangrove yaitu Pesisir Timur Kota Surabaya dan Pesisir Utara Kota Surabaya. Mangrove Wonorejo merupakan salah satu bagian dari kawasan Pesisir Timur Kota Surabaya yang juga dinobatkan sebagai tempat konservasi percontohan dunia. Permasalahan penelitian yang diajukan adalah bagaimanakah implementasi dan faktor apa sajakah yang mempengaruhi implementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan Dan Pengendalian Kawasan Mangrove di Wonorejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan kunci dengan menggunakan teknik purposive yang selanjutnya dikembangkan dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Validitas data diuji melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaaan pengawasan dan pengandalian kawasan mangrove di Wonorejo cukup berhasil karena sumberdaya manusia; tujuan dan ukuran kebijakan; disposisi; lingkungan, sosial, ekonomi dan politik serta karakteristik pelaksana kebijakan sudah sangat baik. Hanya saja terdapat kendala dalam komunikasi antara berbagai agen pelaksana kebijakan ini dan sumber daya finansial yang masih kurang. Faktor - faktor yang mempengaruhi Implementasi Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Mangrove Di Wonorejo Surabaya adalah sumberdaya finansial, sumberdaya manusia, sumberdaya sarana dan prasarana, disposisi, tujuan dan ukuran kebijakan, lingkungan sosial dan ekonomi, karakter agen pelaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 65/14 Har a
Uncontrolled Keywords: MANGROVE CONSERVATION
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH1 Natural history (General - Including nature conservation, geographical distribution)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
HARRIET FRANCINE ASTRID M., 070911065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs. ., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item