PEMBERDAYAAN PUSKESMAS MENUR DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN

MOSES ELEAZAR FERDINANDUS, 071011055 (2014) PEMBERDAYAAN PUSKESMAS MENUR DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ferdinandu-34471-6.abstr-k.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
218.gdlhub-gdl-s1-2014-ferdinandu-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena yang terjadi didalam RSUD Dr. Soetomo terkait membeludaknya pasien yang tidak dapat dikendalikan, peran Puskesmas dalam mencegah masyarakat untuk langsung berobat ke RSUD Dr. Soetomo perlu ditegaskan kembali. Setelah mendapat data, peneliti melakukan penelitian pada studi kasus didalam Puskesmas Menur. Puskesmas Menur adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang sedang mengalami Pemberdayaan Organisasi. Pemberdayaan yang yang dilakukan oleh Puskesmas Menur ini berisikan beberapa unsur yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang menggambarkan bagaimana Pemberdayaan dan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat didalam Puskesmas Menur. Data yang diperoleh oleh peneliti adalah dari data sekunder dan dari para informan. Informan yang dipilih oleh peneliti adalah Kepala dan para karyawan Puskesmas Menur, dan beberapa pasien yang berobat di Puskesmas Menur yanng total berjumlah sepuluh orang dan menggunakan teknik Purposive dan kemudian Snowball. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tanggung jawab yang baik dari para karyawan, kepercayaan yang cukup besar dari pemimpin, adanya rasa percaya diri yang tinggi dari para karyawan, kurangnya pendelegasian yang diberikan kepada karyawan, komunikasi yang kurang aktif dalam sehari-hari antara pemimpin dengan karyawan, dan juga belum adanya reward atau penghargaan untuk memacu kinerja karyawan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik. Terakhir juga dapat dilihat beberapa faktor yang dapat menunjang dan menghambat dari Pemberdayaan Puskesmas Menur, yang paling disorot yaitu tentang distribusi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang tidak sesuai dengan permintaan dan kebutuhan dari Puskesmas Menur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 68/14 Fer p
Uncontrolled Keywords: POWER (SOCIAL SCIENCES); MEDICAL CENTERS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOSES ELEAZAR FERDINANDUS, 071011055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 19 Dec 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 07:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item