BONEK MALANG RAYA Studi Deskriptif Dalam Perspektif Strategi Adaptasi

FITRA WARDHANA, 070710319 (2014) BONEK MALANG RAYA Studi Deskriptif Dalam Perspektif Strategi Adaptasi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhanri-34535-4.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
228.gdlhub-gdl-s1-2014-wardhanafi-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan sepakbola di Indonesia sangat pesat, demikian juga dengan perkembangan supporter yang mengikuti tim-tim kesayangannya. Diantara begitu banyak supporter, kelompok supporter Bonek yang merupakan pendukung Persebaya dan Aremania yang merupakan pendukung Arema Indonesia sangat menarik perhatian peneliti. Perselisihan keduanya seakan-akan seperti air dan minyak yang tidak akan pernah dapat bersatu, dan akan selalu berlawanan. Kedua kelompok supporter ini memiliki fanatisme yang tinggi terhadap tim kesayangannya. Namun hal luar biasa terjadi, yaitu munculnya kelompok suporter Persebaya di Kota Malang, yaitu Bonek Malang Raya (BMR). Peneliti sangat tertarik untuk mengetahui latar belakang berdirinya BMR serta strategi yang mereka lakukan untuk dapat terus bertahan bahkan berkembang di kota lawan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai metode utama. Data-data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan teori fanatisme, dan teori strategi adaptasi. Data yang diperoleh selama penelitian di lokasi akan diuraikan dengan teori tersebut. Dari hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa berdirinya BMR ini didasari oleh fanatisme yang ada pada bonek, bahkan oleh mereka yang berada atau tinggal di Kota Malang yang merupakan kota lawan abadi Persebaya. Selain itu, faktor sejarah juga menjadi penyebab mereka menjadi bonek, yaitu faktor dari keluarga. Penelitian juga mengemukaan bahwa BMR memiliki beberapa strategi adaptasi yaitu, selektif terhadap calon anggota, menggunakan pesan singkat dalam berkomunikasi, tidak bergerombol saat menyaksikan Persebaya bertanding, menutupi atribut yang dipakai saat berangkat menonton pertandingan, dan basecamp selalu berpindah-pindah tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 34/14 War b
Uncontrolled Keywords: FOOTBALL FANS
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FITRA WARDHANA, 070710319UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMoh. Adib, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 08:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15920
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item