PENGUSAHA BATIK TULIS KAIN GEDOG TUBAN (STUDI DESKRIPTIF STRATEGI ADAPTASI PENGUSAHA DALAM MENGEMBANGKAN BATIK TULIS KAIN GEDOG UD. MELATI MEKAR MANDIRI DESA MARGOREJO KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN)

Widyo Handoyo, 070917018 (2014) PENGUSAHA BATIK TULIS KAIN GEDOG TUBAN (STUDI DESKRIPTIF STRATEGI ADAPTASI PENGUSAHA DALAM MENGEMBANGKAN BATIK TULIS KAIN GEDOG UD. MELATI MEKAR MANDIRI DESA MARGOREJO KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-handoyowid-34550-6.abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15927.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ciri khas batik tulis kain gedog dari Tuban adalah serat benangnya kasar, proses pembuatan masih mempertahankan dengan cara tradisional, keistimewaannya terdapat pada motif - motifnya, yaitu identik dengan burung hong, yang mana motif tersebut merupakan akulturasi antara budaya masyarakat pesisir tuban dan etnis Tionghoa. Pada observasi yang dilakukan pengusaha yang bergerak memproduksi batik dengan bahan gedog semakin langka, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti. Lokasi penelitian, yaitu pada UD. Melati Mekar Mandiri terletak di desa Margorejo yang tetap bertahan memproduksi batik tulis dengan kain gedog. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif demi mendapatkan data yang valid dengan cara wawancara mendalam dan terlibat langsung pada proses pengerjaannya, selain itu untuk mendapatkan data peneliti juga menentukan informan-informan, diantaranya adalah pemilik usaha, karyawan, dll. Karena adanya persaingan di pasar semakin ketat, strategi yang dilakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan, contohnya tetap bertahan memproduksi batik tulis dengan kain gedog, selain itu juga mengembangkan polapola motif baru, seperti motif burung gunting, motif kupu gajah, motif bedigal, motif bunga cantol, dll. Pada strategi pemasarannya mengandalkan dengan cara mengikuti pameran-pemeran baik tingkat lokal sampai Internasional. Dalam perjalanannya pasang surut usaha telah dialami, baik pendukung ataupun penghambat, misal pada faktor pendukung untuk mendapatkan bahan baku tidak begitu sulit, bahan bakunya mudah didapatkan, tidak sulit mencari karyawan, akan tetapi faktor kendala juga sering dialami, diantaranya adalah faktor alam juga ada, yaitu hujan, yang mengakibatkan molornya proses penjemuran, pembukuan yang masih berantakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 40/14 Han p
Uncontrolled Keywords: BATIK; SMALL BUSSINESS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Widyo Handoyo, 070917018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRustinsyah, Dr. , dra.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item