PERILAKU ANAK BERMAIN MENGGUNAKAN GADGET TABLET (Studi Deskriptif Peran Orang Tua Dalam Perilaku Anak Bermain Gadget Tablet Terkait Antropologi Pendidikan di Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya)

Iis Indahwati, 071117006 (2015) PERILAKU ANAK BERMAIN MENGGUNAKAN GADGET TABLET (Studi Deskriptif Peran Orang Tua Dalam Perilaku Anak Bermain Gadget Tablet Terkait Antropologi Pendidikan di Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-indahwatii-35822-5.abstr-k.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT INDAHWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan bermain merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak. Bentuk kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak pada umumnya dilakukan dengan beberapa alat permainan tradisional diantaranya adalah layang-layang, bekelan, bola kasti dll. Namun dengan perkembangan zaman, jenis permainan yang dimiliki oleh anak semakin berkembang. Jenis permainan yang dimainkan oleh anak-anak semakin beragam. Salah satunya adalah anak-anak memainkan gadget tablet sebagai alat bermain. Penelitian dilakukan di wilayah Kelurahan Dukuh Sutorejo khususnya di RT 04 RW 07. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dengan para ibu dari anak, lalu ada pula dengan menggunakan observasi yang dilakukan pada kegiatan yang dilakukan oleh anak. Untuk menganalisis, digunakanlah teori bermain dan juga peran orang tua. Pemilihan teori ini didasarkan pada objek penelitian yakni kegiatan bermain anak, sehingga dengan teori tersebut diharapkan mampu menunjukkan tentang pengaruh yang muncul dari peran-peran orang tua terhadap kegiatan memainkan gadget tablet oleh anak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan anak menggunakan gadget tablet sebagai salah satu alat bermainnya. Anak menggunakan gadget tablet saat menghabiskan waktu senggang. Penggunaan gadget tablet sangat diminati oleh anak sehingga membuat anak lupa akan lingkungan sekitar. Gadget tablet sangatmenghiburkehidupananak.Pemakaian gadget tablet tidak bisa dilepaskan dari peran orang tua. Orang tua memiliki tiga peran yang dilakukan orang tua, yakni : (1) memberi kesempatan; (2) mengawasi; (3) mendampingi dan (4) mengarahkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB. KK-2 Fis. ANT. 03/15 Ind p
Uncontrolled Keywords: GADGET; CHILDREN'S PLAYING BEHAVIOUR
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
S Agriculture > SK Hunting sports > SK1-664 Hunting sports > SK295-305 Big game
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Iis Indahwati, 071117006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 20 Feb 2015 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 10:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item