Kegiatan Pegawai Negeri Sipil Menjelang Masa Pensiun (Studi pada Pegawai Negeri Sipil Universitas Airlangga Non Dosen Usia 56 tahun)

Niken Retno Suminar (2015) Kegiatan Pegawai Negeri Sipil Menjelang Masa Pensiun (Studi pada Pegawai Negeri Sipil Universitas Airlangga Non Dosen Usia 56 tahun). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (513kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kegiatan pegawai negeri sipil non dosen di Universitas Airlangga menjelang masa pensiun. Sebagian besar pegawai negeri sipil di kota besar seperti Surabaya banyak mengalami permasalahan menjelang masa pensiun seperti masalah mental, ekonomi maupun sosial. Permasalahan tersebut muncul karena kebanyakan pegawai negeri sipil belum memiliki rencana kegiatan yang akan dilakukan pada saat pensiun. Hal ini terbukti dengan banyaknya pegawai negeri sipil Universitas Airlangga yang tidak mengambil program masa persiapan pensiun setiap tahunnya. Namun tidak semua pegawai negeri sipil memiliki permasalahan menjelang masa pensiunnya, ada pula pegawai negeri sipil yang menanggapi santai status pensiun yang akan didapatkannya. Semua itu tergantung bagaimana pegawai negeri sipil memaknai pensiun itu sendiri. Dalam menjawab fokus penelitian, peneliti menggunakan teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blummer. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kulitatif dengan tipe penelitian deskriptif, pendekatan fenomenologi dan paradigma interpretatif. Adapun setting sosial dalam penelitian ini yaitu Universitas Airlangga. Penentuan informan penelitian menggunakan purposive, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini yaitu pengetahuan, penilaian serta pemaknaan mengenai pensiun dapat melatarbelakangi pegawai negeri sipil untuk melakukan kegiatan yang ditujukan untuk mengisi masa pensiun. Hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya pegawai negeri sipil non dosen di Universitas Airlangga yang memiliki kegiatan yang ditujukan untuk masa pensiun, khususnya kegiatan yang terkait dengan mencari penghasilan tambahan karena banyaknya pegawai negeri sipil yang memaknai pensiun secara sempit, yakni menganggap pensiun sebagai waktunya untuk berhenti bekerja dan tidak melakukan apa-apa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 03/15 Sum k
Uncontrolled Keywords: ACTIVITIES; CIVIL SERVANT; RETIREMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3700-3705 Control of social activities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Niken Retno SuminarNIM071114056
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerwantoNIDN-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 10 Mar 2015 12:00
Last Modified: 18 May 2020 16:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item