MAKNA PERNIKAHAN AMALGAMASI DIKALANGAN PEREMPUAN TIONGHOA YANG BELUM MENIKAH Studi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya

MARIAM ULFA, 071114026 (2015) MAKNA PERNIKAHAN AMALGAMASI DIKALANGAN PEREMPUAN TIONGHOA YANG BELUM MENIKAH Studi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-ulfamariam-35860-5.abstr-k.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan dengan adanya realitas yang terjadi, dimana awal keterterikan untuk mengangkat topik skripsi mengenai Makna Pernikahan Amalgamasi Dikalangan Perempuan Tionghoa (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlanggan, Surabaya) adalah ketika peneliti melihat kepercayaan etnis Tionghoa yang tetap mempertahankan garis keturunan dengan menikah sesma etnis Tionghoa. Hal ini ditunjukkan pada individu dewasa awal Tionghoa yang sedang dalam tahap pemilihan pasangan lebih memilih untuk mencari pasangan yang memiliki kesamaan etnis. Dari latar belakang tersebut, setting penelitian ini memilih mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi khususnya pada mahasiswi Tionghoa untuk menjadi informan pada penelitian ini. Secara kontekstual, mahasiswi keturunan Tionghoa berkaitan dengan persoalan mereka sebagai perempuan Tionghoa yang belum menikah dan dalam masa tahap pemilihan pasangan. Makna pernikahan amalgamasi memiliki makna tersendiri bagi perempuan keturunan Tionghoa karena sebagai keturunan Tionghoa mereka tetap ingin mempertahankan kebudayaan dengan memiliki pola pikir yang sama sebagai keturunan Tionghoa. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bantuan teori interaksionalisme simbolik menurut Herbert Blumer sebagai panduan analisis dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini mengulas tentang makna pernikahan amalgamasi dikalangan perempuan Tionghoa yang belum menikah tepatnya pada mahasiswi Tionghoa. Paradigma yang digunakan adalah paradigma definisi sosial, karena sesuai dengan topik permasalahan dan teori yang digunakan. Dalam penelitian ini, informan menyatakan bahwa makna pernikahan amalgamasi merupakan pernikahan pasangan dengan dua budaya berbeda yang tidak ingin dilakukan. Hal ini terkait tentang sebagai keturunan Tionghoa mereka tidak ingin menikah dengan etnis lain. Keinginan untuk menikah dengan sesma etnis Tionghoa muncul ketika menyadari sebagai keturunan Tionghoa mereka juga ingin menikah dengan sesama etnis Tionghoa. Dimana didukung oleh keberadaan keluarga dan lingkungan sekitar yang dominan berada dengan sesama etnis Tionghoa. Hal ini terlihat pada mahasiswi yang lebih memilih kriteria pasangan sesama etnis Tionghoa. Jika ditinjau dari teori Blumer, tindakan yang diambil oleh perempuan Tionghoa yang belum menikah dengan memilih pasangan sesama etnis Tionghoa merupakan makna yang diperoleh dari makna yang dipahami tentang pernikahan amalgamasi dan pernikahan. Makna tersebut berasal dari interaksi sosial yang berlangsung dengan seseorang yang penting yaitu keluarga, keluarga memberikan dorongan untuk memilih pasangan sesama etnis Tionghoa dan adanya pengalaman dalam keluarga yang telah melakukan pernikahan amalgamasi. Hal tersebut membuat makna yang dipahamasi disempurnakan dalam proses interaksi sosial dengan memilih kriteria pasangan sesama etnis Tionghoa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 10/15 Ulf m
Uncontrolled Keywords: MARRIAGE AMALGAMATION; SYMBOLIC INTERACTION
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MARIAM ULFA, 071114026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDoddy S. Singgih, Drs. ,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Feb 2015 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 09:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15949
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item