Pengaruh Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Eksplanatif Tentang Pengaruh Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Pacar Keling Surabaya)

Hanggoro Dwi Wardana Subandriyo Putra (2015) Pengaruh Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Eksplanatif Tentang Pengaruh Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Pacar Keling Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (164kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
6. BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV KESIMPULAN)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2023.

Download (222kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kinerja puskesmas surabaya sebagai pemberi jasa pelayanan kesehatan masyarakat, masih tergolong rendah. Padahal banyak masyarajat yang menggunakan jasa puskesmas sebagai sarana berobat utama. Puskesmas selain berfungsi untuk memberikan pelayanan publik, namun puskesmas juga harus mampu untuk memberikan akuntabilita kinerja pelayanan yang memuaskan. Terlebih setelah banyak program telah diadakan seperti: KB, jamkesmas, maka banyak masyrakat yang lebih memilih menggunakan jasa dan berkunjung ke puskesmas terutama masyarakat yang memiliki status ekonomi menengah ke bawah akan memimilih puskesmas sebagai pilihan utama. Karena itulah kinerja puskesmas harus lebih maksimal dan dapat memuaskan masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan puskesmas. Puskesmas Pacar Keling Surabaya adalah salah satu puskesmas yang memiliki kualitas pelayanan yang sangat rendah diantara 62 puskesmas di Surabaya. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh akuntabilitas kinerja pelayanan pegawai puskesmas terhadap kualitas pelayanan dan mengetahui juga penyebab puskesmas pacar keling belum memberikan kinerja pelayanan yang maksimal dan sesuai dengan yang ditetapkan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif eksplanatif. Dan menggunakan teknik accidental random sampling dalam pemilihan pengisi kuisioner. Hasil yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini adalah bahwa akuntabilitas kinerja pelayanan pegawai puskesmas dalam memberikan pelayanan tidak maksimal sehingga masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, padahal faktor pemebrdayagunaan sumber daya manusia adalah sektor yang penting untuk peningkatan kualitas pelayanan publik. Puskesmas pacar keling memimiliki pegawai yang kurang sigap dalam memberikan pelayanan dan tidak sesuai dengan SOP, padahal puskesmas pacar keling sudah menerapkan SOP. Kondisi lingkungan puskesmas pacar keling juga kurang tertata, salah satunya adalah kurangnya ruang dan tempat duduk untuk menunggu antrian dan juga dokter dan pegawai yang hadir tidak tepat waktu yang sering membuat pengunjung menunggu agak lama untuk mendapatkan pelayanan. Akuntabilitas kinerja pegawai puskesmas pacar keling harus diperbaiki karena kinerja sangat mempengaruhi seberapa bagus kualitas pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 19/15 Put p
Uncontrolled Keywords: Responsibility; Public services; Public health
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Hanggoro Dwi Wardana Subandriyo PutraNIM070810730
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih SuaediNIDN0026026306
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Mar 2015 12:00
Last Modified: 12 Feb 2020 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item