STUDI DESKRIPTIF TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM Dr.WAHIDIN SUDIRO HUSODO PASCA MENJADI RUMAH SAKIT TIPE B

RIZKY AGUSTIAN L, 071011066 (2015) STUDI DESKRIPTIF TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM Dr.WAHIDIN SUDIRO HUSODO PASCA MENJADI RUMAH SAKIT TIPE B. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-rizkyagust-36400-6.abstr-k.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mendapatkan pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak dasar penduduk Indonesia disamping pelayanan pendidikan dan perlindungan hukum. Adanya kemudahan dari pelayanan kesehatan juga diharapkan mampu memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo merupakan instasi milik pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan di bidang kesehatan. Pelayanan kesehatan termasuk dalam elemen penting dalam pembangunan nasional serta pengentasaan kemiskinan. Namun, realitas pelayanan kesehatan banyak dinilai masih jauh dari harapan masyarakat. Fakta ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto selaku salah satu unsur yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan harus memiliki kualitas pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, digunakan 5 dimensi kualitas yaitu dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance dandimensi empathy. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik dan teori kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah para staf Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto sesuai bidangnya dan para pasien Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto yang sedang menggunakan pelayanan kesehatan. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto memiliki pelayanan yang kurang baik dalam melayani pasien yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 31/15 Riz s
Uncontrolled Keywords: HEALTH SERVICE; SERVICE QUALITY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY AGUSTIAN L, 071011066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJusuf Irianto,, Prof. Dr. Drs.,M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Mar 2015 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 05:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item