Strategi Internasionalisasi Indomie Di Nigeria

NI KADEK ARTHANIA (2015) Strategi Internasionalisasi Indomie Di Nigeria. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-arthaniani-37899-13.abst-k.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (Daftar Isi)
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (350kB)
[img] Text (Abstrak)
3. ABSTRAK .pdf

Download (336kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (833kB)
[img] Text (Bab II Strategi Moda Masuk Penguasaa Pasar Nigeria)
5. BAB II STRATEGI MODA MASUK PENGUASAAN PASAR NIGERIA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab III Hubungan Antara Perusahaan Home Country dan Host Country)
6. BAB III HUBUNGAN ANTARA PERUSAHAAN, HOME COUNTRY, DAN HOST COUNTRY .pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2023.

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV Strategi Marketing Mix Adaptasi Indomie di Nigeria)
7. BAB IV Strategi Marketing Mix Adaptasi Indomie di Nigeria .pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
8. BAB V KESIMPULAN .pdf

Download (457kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (396kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indomie merupakan merek dagang asal Indonesia yang telah berhasil melakukan internasionalisasi. Dari sekian banyak negara yang menjadi tujuan, keberhasilan internasionalisasi umumnya paling terlihat di negara-negara Asia. Namun, Indomie ternyata juga mengalami kesuksesan Nigeria. Hal ini terlihat ketika Indomie berhasil menguasai 100 persen market share di tahun 2000 hingga 2006, dan terus menjadi merek dominan hingga tahun 2014. Padahal, di Nigeria jumlah penduduk Asia tidak banyak, dan kendala-kendala bisnis di negara tersebut juga besar. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini berusaha menjelaskan bagaimana strategi internasionalisasi Indomie sehingga berhasil menguasai pasar Nigeria. Penelitian ini dilakukan dengan melihat tiga hal, yaitu strategi moda masuk joint venture (JV); hubungan antara perusahaan, home country dan host country melalui bargaining model; serta penerapan strategi marketing mix adaptasi. Dari proses penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa keberhasilan internasionalisasi Indomie di Nigeria terjadi karena pemilihan joint venture (JV) sebagai moda masuk yang paling sesuai dengan kondisi pasar Nigeria; pemilihan Grup Tolaram sebagai mitra JV yang tepat bagi Grup Salim; kedekatan perusahaan dengan home country yang terlihat dari adanya bantuan-bantuan khusus yang diberikan pemerintah kepada perusahaan; kedekatan hubungan antara home country dan host country sehingga tercipta berbagai kerjasama bilateral yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan, kedekatan perusahaan dengan host country sehingga perusahaan memperoleh banyak kemudahaan dan dilibatkan dalam berbagai agenda pemerintah; serta penerapan strategi marketing mix yang telah beradaptasi dengan kondisi dan selera masyarakat Nigeria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. HI. 44/15 Art s
Uncontrolled Keywords: MARKETING MIX; GLOBALIZATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
NI KADEK ARTHANIANIM071112015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra HennidaNIDN0025107906
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 21 Aug 2015 12:00
Last Modified: 31 May 2020 13:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15996
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item