HUBUNGAN ANTARA KEINGINAN INGGRIS UNTUK MENJADIKAN LONDON SEBAGAI PUSAT EKONOMI ISLAM DAN PERUBAHAN SIKAP INGGRIS TERHADAP DUNIA ISLAM (2001 - 2013)

GUSTY PRAMESWARY, 071112096 (2015) HUBUNGAN ANTARA KEINGINAN INGGRIS UNTUK MENJADIKAN LONDON SEBAGAI PUSAT EKONOMI ISLAM DAN PERUBAHAN SIKAP INGGRIS TERHADAP DUNIA ISLAM (2001 - 2013). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-prameswary-37920-11.abst-s.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Memasuki abad 20 tepatnya setelah peristiwa 9/11 di Amerika Serikat wajah politik global berubah. Politik global yang diluncurkan Amerika Serikat membawa kita pada isu terorisme yang menjadi ancaman baru bagi dunia internasional. Isu terorisme tersebut diarahkan dan terkesan dekat dengan dunia Islam dan juga orang-orang Muslim. Kehadiran isu ini juga membawa pada pemberlakuan kebijakan terkait terorisme dan keamanan domestik sebagai dampak dari program internasional di berbagai negara tak terkecuali Inggris. Namun kebijakan yang diberlakukan terlihat menyudutkan dan mendeskriditkan dunia Islam dan kaum Muslim. Hal tersebut terlihat dari invasi militer ke wilayah Timur Tengah, perlakuan diskriminasi dalam politik, pembatasan gerak organisasi Muslim, masjid-masjid, pusat-pusat Islam, wanita Muslim, dan tindak diskriminasi oleh polisi yang tak jarang diterima oleh orang-orang Muslim di Inggris. Seiring dengan perkembangan isu internasional yang ada, terjadi perubahan sikap Inggris. Perubahan sikap tersebut terlihat dengan tengah dikembangkannya sistem ekonomi alternatif untuk menjawab tantangan ekonomi global akibat krisis finansial yang terus melanda dunia khususnya di Eropa. Hal tersebut ditunjukkan oleh pernyataan Perdana Menteri Inggris Cameron yang bermaksud untuk menjadikan Inggris sebagai The Center of Islamic Finance. Perubahan sikap yang terjadi dan saling bertolak belakangannya sikap tersebut menarik perhatian penulis untuk menemukan jawaban dari pertanyaan apakah keinginan Inggris untuk enjadikan London sebagai pusat ekonomi Islam merupakan salah satu bentuk perubahan sikap Inggris atas Dunia Islam? Melalui penelitian eksplanatif dengan menggunakan kerangka pemikiran fungsionalis, dan two level game analysis, penulis mencoba mengamati bagaimana dinamika hubungan antara Inggris dan dunia Islam, serta menganalisa faktor-faktor apa yang dimiliki oleh dunia Islam. Sehingga, pada akhir penelitian penulis menyimpulkan bahwa perubahan sikap yang terjadi disebabkan oleh keinginan Inggris untuk mencapai tujuan dalam mentransformasi ekonominya, sebagai akibat dari krisis finansial yang melanda Eropa sekaligus menjaga stabilitas negara. Faktor pendorong perubahan sikap tersebut berupa faktor internasional dan domestik, yang mana kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. HI. 54/15 Pra h
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL ECONOMICS RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
GUSTY PRAMESWARY, 071112096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBaiq L. S. W Wardhani,, Dra. M.A Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 25 Aug 2015 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16006
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item