POLA HUBUNGAN PATRON-KLIEN DIKALANGAN PETANI TAMBAK DESA WEDANI, KECAMATAN CERME, KABUPATEN GRESIK (Studi Deskriptif Peran Pelaku dan Faktor Penyebab Hubungan Patron-Klien)

JOKO PRASETYO (2015) POLA HUBUNGAN PATRON-KLIEN DIKALANGAN PETANI TAMBAK DESA WEDANI, KECAMATAN CERME, KABUPATEN GRESIK (Studi Deskriptif Peran Pelaku dan Faktor Penyebab Hubungan Patron-Klien). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (520kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 16 June 2023.

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 16 June 2023.

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 16 June 2023.

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 June 2023.

Download (486kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi komputer dewasa ini semakin pesat baik perangkat keras maupun perangkat lunak, sehingga hampir sebagian pekerjaan manusia telah dapat diselesaikan dengan komputer. Kecerdasan buatan merupakan salah satu teknologi tersebut. Sistem pakar adalah bagian dari kecerdasan buatan. Sistempakar adalah sistem yang mampu menirukan penalaran seorang pakar agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar memiliki beberapa metode dalam menyelesaikan masalah. Seiring perkembangan jaman, jenis penyakitpun makin bertambah. Penyakit akibat gigitan nyamuk merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita dan berbahaya. Tanpa pengetahuan yang baik dapat menyebabkan penanganan yang salah terhadap suatu penyakit, bisa jadi semakin parah atau bahkan dapat menyebabkan kematian, jika terlambat mendapatkan pertolongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa penyakit akibat gigitan nyamuk dengan metode Probabilitas Bayes dan Certainty Factor. Probabilitas Bayes adalah sebuah teori ketidakpastian yang memperhitungkan probabilitas suatu kejadian (hipotesis) bergantung pada kejadian lain (bukti). Metode certainty factor (CF) merupakan metode yang mendefenisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan, untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar dalam masalah yang sedang dihadapi. Metode certainty factor berdasarkan tingkat kepastiannya dengan probablitas Bayes sebagai tolak ukur derajat kepastiannya. Berdasarkan hasil perhitungan CFCombine yang diperoleh dari data user/pasien tersebut menunjukkan bahwa keputusan program menggunakan Visual Studio 2012 dengan metode Probabilitas Bayes dan Certainty Factor sama dengan diagnosa dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 26/15 Pra p
Uncontrolled Keywords: FISH FARMERS; PATRON AND CLIENT
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
JOKO PRASETYONIM070810640
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.SiNIDN0007117502
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Aug 2015 12:00
Last Modified: 16 Jun 2020 04:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item