PERILAKU PERAWATAN KECANTIKAN WAJAH PADA REMAJA PUTRI (Studi Kasus Perawatan Wajah Mahasiswi Psikologi Universitas Airlangga di Klinik Kecantikan Kota Surabaya)

YUFI RATNA SARI SUGA, 071117046 (2015) PERILAKU PERAWATAN KECANTIKAN WAJAH PADA REMAJA PUTRI (Studi Kasus Perawatan Wajah Mahasiswi Psikologi Universitas Airlangga di Klinik Kecantikan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2015-sugayufira-38049-7.abstr-k.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang perawatan kecantikan wajah pada remaja putri. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswi dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya dalam satu kelompok yang terdiri dari 6 mahasiswi dan termasuk dalam golongan usia remaja akhir (21 tahun) yang menggunakan perawatan kecantikan kulit wajah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan teknik pengambilan purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang sengaja dipilih peneliti berdasarkan kriteria remaja putri yang melakukan perawatan kecantikan. Tipe penelitian dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian evaluatif, karena dalam penelitian ini peneliti membandingkan hasil dari perubahan perawatan kecantikan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dalam perawatan kecantikan yang dilakukan subyek bermula dari masalah kulit pada wajah subyek karena timbulnya jerawat, terdapat noda bekas jerawat serta kulit kusam. Lokasi penelitian berada di klinik kecantikan serta di lokasi masing-masing subyek. Teknik pengumpulan data di awali dengan melakukan pendekatan pada subyek serta melakukan wawancara dan pengamatan dari perilaku subyek dalam melakukan perawatan kecantikan. Teori yang digunakan adalah teori adaptasi Sister Callista Roy (1991) yang berhubungan dengan tingkah laku manusia yang sebagai sistem adaptasi berhubungan dengan empat model adaptasi, yakni fisiologis, konsep diri, fungsi peran, interdependen yang menggunakan pendekatan sistem serta memandang manusia sebagai bio-psiko sosial secara utuh. Makna perawatan kecantikan menurut subyek adalah dapat melakukan perawatan kecantikan baik menggunakan produk perawatan atau menggunakan bahan alami untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Perubahan dari perawatan kecantikan yang telah terjadi pada subyek, dapat menunjang penampilan individu untuk tampil cantik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 27/15 Sug p
Uncontrolled Keywords: PHYSICALLY BEAUTIFUL; BEAUTY TREATMENT; WHITE SKIN
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950-979 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YUFI RATNA SARI SUGA, 071117046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLucy Dyah Hendrawati,, S. Sos. M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Aug 2015 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 07:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16011
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item