PENGASUHAN ANAK USIA BALITA DI TAMAN PENITIPAN ANAK “SAFINDA” Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya

NURITHA ELLOK RACHMASARI, 071117050 (2015) PENGASUHAN ANAK USIA BALITA DI TAMAN PENITIPAN ANAK “SAFINDA” Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-rachmasari-38080-6.abstr-k.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
233.gdlhub-gdl-s1-2015-rachmasari-FULLTEXT.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya ibu yang bekerja ternyata membuat Taman Penitipan Anak (TPA) semakin berperan, bahkan menjadi pilihan utama untuk menitipkan anaknya karena lokasi yang dekat dan biaya yang terjangkau. TPA Safinda terletak di kawasan industri lokasinya dekat dengan perusahaan-perusahaan terutama perusahaan Sampoerna. Oleh karena itu, ibu bekerja yang menitipkan anak di TPA Safinda didominasi oleh buruh Sampoerna. Perhatian yang kurang karena orang tua yang terlalu sibuk bekerja, seringkali pengawasan kepada anak menjadi berkurang sehingga pergaulan dan pembelajaran anak kurang terarah. Maka dari itulah ibu yang menitipkan anaknya wajib mengetahui bagaimana pengasuhan yang diterapkan TPA terutama TPA Safinda dalam membiasakan anak menjadi pribadi yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara kepada informan yaitu tiga orang ibu bekerja yang menitipkan anak di TPA Safinda, pengasuh TPA Safinda, serta pengurus Yayasan. Lalu menggunakan observasi yaitu mengamati aktivitas anak di TPA Safinda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pembiasaan belajar melalui belajar sambil lalu (Learning Cultures) dapat dilihat ketika anak-anak beradaptasi dan juga dalam hal pemanfaatan fasilitas TPA Safinda. Sedangkan pembiasaan belajar melalui metode formal (Teaching Cultures) tercermin dalam aktivitas keseharian anak seperti pembelajaran ketika pagi, membuang sampah setelah makan snack, berdoa dan pembiasaan lainnya yang sesuai dengan tujuan awal TPA Safinda yaitu untuk membiasakan anak menjadi pribadi disiplin, mandiri, dan spiritual (2) Strategi dalam menghadapi kendala seperti pekerjaan ganda pengasuh, kurangnya pengetahuan pengasuh, jumlah anak titipan yang tidak tentu adalah dengan saling berkomunikasi dan saling membantu antar pengasuh, serta mengandalkan kreativitas dalam pembuatan bahan ajar sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 36/15 Rac p
Uncontrolled Keywords: CHILDREN CARE; NURTURING BEHAVIOR
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NURITHA ELLOK RACHMASARI, 071117050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs. , M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 31 Aug 2015 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16020
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item