Ritual Kehamilan Dan Pasca Melahirkan Pada Perempuan Jawa (Studi Etnografi Makna Simbolik Ritual Kehamilan Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar)

Citra Dwi Jayanti (2015) Ritual Kehamilan Dan Pasca Melahirkan Pada Perempuan Jawa (Studi Etnografi Makna Simbolik Ritual Kehamilan Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (245kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2023.

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III RINTUAL KEHAMILAN DAN PASKA...)
6. BAB III RITUAL KEHAMILAN DAN PASKA MELAHIRKAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2023.

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MAKNA SIMBOLIK RITUAL)
7. BAB IV MAKNA SIMBOLIK RITUAL KEHAMILAN DAN PASKA MELAHIRKAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2023.

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
8. BAB V KESIMPULAN .pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2023.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 June 2023.

Download (755kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosesi rangkaian upacara kehamilan sampai dengan pasca melahirkan, menemukan makna simbolik sesaji yang terdapat pada upacara kehamilan dan pasca melahirkan, serta mengali mitosmitos yang ada seputar kehamilan dan pasca melahirkan di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Cara pengumpulan data dengan cara observasi partisipasi, dan wawancara mendalam. Instrumen penelitian adalah penelitian sendiri yang dibantu dengan menggunakan alat bantu kamera, perekam audio, dan alat untuk mencatat. Dalam penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan data Ritual Kehamilan dan Pasca Melahirkan di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Dengan teknik analisis dan menginterpretasi atau memaknai data temuan hingga memperoleh arti dari makna simbolik ritual kehamilan di Desa Purwokerto. Temuan penelitian ini adalah pertama, dalam masyarakat purwokerto masih melakukan serangkaian (1) upacara adat kehamilan seperti telonan dan tingkeban. (a) Prosesi telonan hanya dilakukan dengan cara kenduri (slametan), sedangkan untuk (b) tingkeban urutan prosesinya pertama adalah kenduri, kemudian upacara mandi (siraman). (2) upacara adat pasca melahirkan juga masih diadakan di desa Purwokerto yaitu brokohan, sepasaran dan selapanan. (a) brokohan adalah upacara adat yang dilakukan setelah kelahiran(b) sepasaran dilakukan saat bayi telah pupak puser, biasanya lima hari atau tujuh hari (c) selapanan dilakukan untuk memperingati bayi yang sudah berusia tiga puluh lima hari. (3) terdapat tradisi masyarakat purwokerto yaitu gebrak bayen dan jagong bayi. (a) gebrak bayen adalah ritual yang dilakukan oleh dukun bayi agar bayi tidak mudah terkejut. (b) jagong bayi adalah tradisi yang dilakukan masyarakat dari malem sampai menjelang subuh, ketika bayi sudah lahir (4) terdapat makna simbolik sesaji dan sajen yang terkandung dalam rangkaian upacara kehamilan dan pasca melahirkan. (5) masih terdapat dan dipercaya pula mitos seputar kehamilan dan pasca melahirkan. Semua ritual kehamilan dan pasca melahirkan dilakukan dengan cara slametan atau kenduri. Pada dasarnya semua ritual dan tradisi yang diyakini dan dilakukan hanya dengan tujuan untuk mendapatkan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu pula melestarikan tradisi leluhur dan menjaga keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup yaitu kondisi aman tentram tanpa gangguan makluk lain atau alam sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 41/15 Jay r
Uncontrolled Keywords: Kehamilan, Kelahiran, Selamat, Ritual, Mitos
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB400 Ritual law. Religious observances and rituals
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Citra Dwi JayantiNIM071017071
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucy Dyah HendrawatiNIDN0004116804
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 01 Sep 2015 12:00
Last Modified: 06 Jun 2020 07:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item