GAYA HIDUP KOMUNITAS BERSEPEDA FIXED GEAR DALAM KOMUNITAS KEEPFIX DI SURABAYA (Studi Deskriptif Mengenai Gaya Hidup Komunitas Bersepeda Fixed Gear Dalam Komunitas Keepfix Di Surabaya )

EKA PAKSI WINARNO PUTRA, 071017004 (2015) GAYA HIDUP KOMUNITAS BERSEPEDA FIXED GEAR DALAM KOMUNITAS KEEPFIX DI SURABAYA (Studi Deskriptif Mengenai Gaya Hidup Komunitas Bersepeda Fixed Gear Dalam Komunitas Keepfix Di Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-putraekapa-38102-6.abstr-k.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
240.gdlhub-gdl-s1-2015-putraekapa-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan alat transportasi tidak hanya sebatas perubahan pada bentuk saja tetapi fungsi dari alat transportasi tersebut juga mengalami perubahan. Seperti halnya sepeda fixed gear yang diminati bukan hanya sebagai alat transportasi saja melainkan sebagai gaya hidup yang dapat mewakili status sosial seseorang dalam masyarakat. Sebelum menjadi sebuah gaya hidup baru, sepeda fixed gear adalah sepeda yangdigunakan oleh pengantar pos atau biasa disebut dengan messenger karena padatnya transportasi di Eropa. Saat ini telah banyak ditemukan berbagai komunitas sepeda fixed gear di Surabaya diantaranya adalah komunitas keepfix. Fokus penelitian ini adalah deskripsi mengenai gaya hidup bersepeda komunitas keepfix di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui bagaimana gaya hidup bersepeda fixed gear dalam komunitas keepfix di Surabaya dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam untuk mencari data seakurat mungkin. Tehnik pemilihan informan sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Spradley yaitu dengan menggunakan tehnik purposive sampling dimana sampel dipilih berdasarkan suatu kriteria tertentu seperti memilih anggota aktif komunitas keepfix sebagai informan. Penelitian ini membahas atribut komunitas keepfix dan berbagai kegiatan serta kehidupan sosial komunitas keepfix sebagai cara untuk mempertahankan eksistensi komunitas. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa komunitas keepfix merupakan komunitas yang masih aktif melakukan gaya hidup bersepeda dengan menggunakan sepeda fixed gear di kala turunnya pamor sepeda fixed gear di Surabaya. Untuk mempertahankan eksistensinya komunitas keepfix tidak hanya melakukan kegiatan bersepeda saja tetapi mereka juga mengadakan acara diantara anggota komunitas maupun di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 43/15 Put g
Uncontrolled Keywords: LIFESTYLE; FIXED GEAR; KEEPFIX
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
EKA PAKSI WINARNO PUTRA, 071017004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Adi Prasetyo, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 01 Sep 2015 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 01:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item