FUNGSI TRADISI FESTIVAL IKAN BANDENG TINGKAT KABUPATEN PADA AKHIR BULAN RAMADHAN DI KECAMATAN GRESIK, KABUPATEN GRESIK

AZIZAH NUR AISYATI, 071017043 (2015) FUNGSI TRADISI FESTIVAL IKAN BANDENG TINGKAT KABUPATEN PADA AKHIR BULAN RAMADHAN DI KECAMATAN GRESIK, KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-aisyatiazi-38111-7.abstr-k.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
231.gdlhub-gdl-s1-2015-aisyatiazi-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Festival Kontes dan Pasar Bandeng Tradisional merupakan salah satu acara yang menjadi tradisi bagi Masyarakat Kabupaten Gresik yang diselenggarakan setiap tiga hari pada akhir Bulan Ramadhan. Pelaksanaan festival yang sudah diselenggarakan setiap tahun selama 55 tahun ini menarik untuk diteliti karena festival tersebut terbentuk dalam dua macam kegiatan, yaitu 1) Pasar Rakyat dan Pasar Bandeng, 2) Kontes Ikan Bandeng yang diselenggarakan sebagai penutup acara pada malam hari ketiga. Rumusan masalah penelitian ini adalah mengapa tradisi Festival Kontes dan Pasar bAndeng Tradisional tetap terlaksana setiap tahunnya, apa saja fungsi dari pelaksanaan Festival Kontes dan Pasar Bandeng Tradisional tersebut. Penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah, saat festival terselenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif / etnografi, dengan observasi, wawancara mendalam kepada delapan informan, studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa festival ini tetap diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Daerah dengan tujuan untuk melestarikan tradisi penyelenggaraan Festival Kontes dan Pasar Bandeng Tradisional setiap tahunnya. Fungsi tradisi penyelenggaraan festival Kontes dan Pasar Bandeng Tradisional adalah pelestarian dan apresiasi dari pemerintah kepada petani tambak atas partisipasinya dalam festival.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 46/15 Ais f
Uncontrolled Keywords: FESTIVALS; PRESERVATION
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
AZIZAH NUR AISYATI, 071017043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoh. Adib, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 01 Sep 2015 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 07:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item