PERJOKIAN SKRIPSI DIKALANGAN MAHASISWA DI PACITAN

MAKITA CINDIANA, 071114007 (2015) PERJOKIAN SKRIPSI DIKALANGAN MAHASISWA DI PACITAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-cindianama-38282-6.abstr-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
249.gdlhub-gdl-s1-2015-cindianama-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Pacitan ini ingin mengungkap tentang perjokian skripsi antara mahasiswa dengan joki skripsi. Dalam mengerjakan skripsi terdapat beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan skripsi tersebut. Hal ini yang melatarbelakangi mahasiswa tersebut mengambil jalan pintas yaitu menggunakan joki skripsi. Dari adanya mahasiswa yang mencari-cari orang yang mau membantu menegerjakan skripsi tersebut memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi para joki skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keputusan mahasiswa memilih menggunakan perjokian skripsi, keputusan joki skripsi bekerja sebagai joki dan mekanisme perjokian skripsi di Pacitan secara sosiologis. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional James S. Coleman yang mana implikasi dari rasionalitas perjokian skripsi yaitu mahasiswa dan joki skripsi sebagai aktor melakukan perjokian skripsi dalam rangka mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki berdasarkan nilai dan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskripstif dengan strategi studi kasus yang mana melakukan wawancara mendalam terhadap 2 mahasiswa dan 4 joki skripsi yang ada di Pacitan yang dilakukan dengan cara teknik Snowball. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui dengan melakukan perjokian skripsi, mahasiswa dapat menyelesaikan kripsi dengan efektif dan efisien. Sedangkan joki skripsi melakukan perjokian skripsi berawal dari permintaan temannya untuk membantu mengerjakan skripsi. Tujuan awalnya memang karena merasa kasihan akan tetapi karena dirasa mendatangkan keuntungan financial dan keuntungn pengembangan ilmu pengetahuan maka dilakukan beberapa kali oleh joki skripsi. Perjokian skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa dan joki tersebut melihat sumber daya yang dimilikinya dan memanfaatkan seperti waktu, informasi, kondisi dan prestise.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 26/15 Cin p
Uncontrolled Keywords: COLLEGE STUDENTS; JOCKEY A THESIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2366-2367.75 College examinations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MAKITA CINDIANA, 071114007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDoddy Sumbodo Singgih, Drs. , MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Sep 2015 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item