REPRODUKSI KESENJANGAN SOSIAL PADA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga)

ESTY OKTA SURYANINGHAR, 071114036 (2015) REPRODUKSI KESENJANGAN SOSIAL PADA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-suryaningh-38283-6.abstr-k.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-suryaningh-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesenjangan sosial adalah suatu realitas yang telah melekat dalam kehidupan bermasyarakat, tak terkecuali kesenjangan sosial yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya dalam penelitian ini adalah di perguruan tinggi. Penelitian yang berjudul “Reproduksi Kesenjangan Sosial Pada Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga)” menjawab permasalahan tentang bagaimana proses reproduksi kesenjangan sosial yang dialami oleh mahasiswa, terutama mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Universitas Airlangga. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan teoritisasi dari Pierre Bourdieu mengenai praktik sosial yang menggunakan konsep habitus, modal, ranah sebagai kerangka teoritis untuk menjelaskan fenomena kesenjangan sosial yang dialami mahasiswa bidikmisi di Universitas Airlangga, dengan menggunakan paradigma perilaku sosial yang menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif serta cara menentukkan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Penelitian ini tidak mempermasalahkan kesenjangan sosial sebagai suatu perilaku salah atau benar, tapi bagaimana menjelaskan kesenjangan sosial yang dialami oleh mahasiswa bidikmisi di Universitas Airlangga. Dari hasil penelitian, kesenjangan sosial yang dialami oleh mahasiswa bidikmisi di Universitas Airlangga karena adanya pelaku sosial atau aktor yang menjalankan habitus akibat adanya struktur yang ada di kampus sebagai ruang sosial dengan didukung oleh modal yang dimiliki. Reproduksi kesenjangan sosial itu terbentuk karena adanya habitus yaitu organisasi baru yakni organisasi mahasiswa bidikmis Universitas Airlangga, perilaku belajar mahasiswa, kemudahan akses dan fasilitas serta gaya hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 27/15 Sur r
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INEQUALITY; SCHOLARSHIPS
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ESTY OKTA SURYANINGHAR, 071114036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDoddy Sumbodo Singgih, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Sep 2015 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 02:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item