PEREMPUAN, KELUARGA, DAN HIV (Studi Konstruksi Sosial Hidup Berkeluarga Bagi Perempuan Penderita HIV/AIDS Di Kota Surabaya)

YENI MEITASARI, 071114038 (2015) PEREMPUAN, KELUARGA, DAN HIV (Studi Konstruksi Sosial Hidup Berkeluarga Bagi Perempuan Penderita HIV/AIDS Di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-meitasariy-38291-7.abstr-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
251.gdlhub-gdl-s1-2015-meitasariy-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermula dari ironi pengalaman hidup yang dialami oleh ODHA, khususnya ketika MUI menyatakan haramnya pernikahan tiga ODHA perempuan pada tahun 1997 di Sulawesi Selatan. Peristiwa tersebut terjadi pada masa awal perkembangan penyakit HIV di Indonesia, yang kemudian membuat masyarakat khususnya perempuan memiliki ketakutan yang besar terhadap penyakit HIV. Dalam prosesnya, ketakutan tersebut nantinya dapat membunuh hak mereka untuk hidup berkeluarga. Penelitian bertujuan untuk memahami bagaimana pengetahuan perempuan odha saat ini berkaitan dengan penyakitnya dan bagaimana perempuan odha mengkonstruksi tentang hidup berkeluarga pada saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma definisi sosial dengan menggunakan teori konstruksi sosial Peter L.Berger. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada empat perempuan odha dengan kriteria tertentu. Hasilnya, bagi perempuan odha yang memiliki banyak pengetahuan mengenai penyakitnya, hidup berkeluarga dikonstruksikan sebagai tujuan hidup terakhir, sumber kebahagiaan, dan sumber motivasi untuk sembuh. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini membuat ODHA optimis dalam membangun kembali sebuah keluarga bahagia seperti perempuan normal yang lainnya mengingat bahwa sebelumnya mereka pernah menikah dengan suami pertama dan anak pertama mereka berstatus HIV negatif. Bagi perempuan odha yang memiliki sedikit pengetahuan dan memiliki pengalaman yang buruk terkait penyakit HIV, serta kehidupan keluarga suami dengan ketiga mantan istrinya, mereka mengkonstruksi keluarga sebagai tempat melaksanakan peran secara sempurna. Mereka menganggap penyakit HIV sangat menghambat terbentuknya keluarga baru yang sempurna, ditambah kenyataan bahwa salah satu anaknya turut terinfeksi HIV, sehingga membuatnya tidak ingin menikah lagi setelah suami pertama meninggal dunia akibat HIV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 35/15 Mei p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CONSTRUCTIONISMS; HIV-POSITIVE WOMEN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YENI MEITASARI, 071114038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSutinah, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Sep 2015 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item