Mekanisme Persaingan antar Biro Penyelenggara Ibadah Haji (Studi Tentang Biro Penyelenggara Ibadah Haji di Kota Surabaya)

RICKY TEGUH PRIAMBODO, 071114024 (2015) Mekanisme Persaingan antar Biro Penyelenggara Ibadah Haji (Studi Tentang Biro Penyelenggara Ibadah Haji di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-priambodor-38292-6.abstr-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
252.gdlhub-gdl-s1-2015-priambodor-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Biro Haji merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat khususnya Departemen Agama untuk membantu melayani animo masyarakat yang besar dalam hal melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah. Jumlah masyarakat yang ingin menunaikan Ibadah Haji membuat Departemen Agama tidak mampu mengatasi permintaan dari masyarakat yang kian banyak. Apalagi masyarakat sebagai konsumen meinta fasilitas yang baik dan nyaman. Biro Haji menawarkan paket yang berbeda dengan paket yang diberikan oleh Departemen Agama kepada masyarakat. Paket yang ditawarkan oleh Biro Haji adalah paket Haji Plus. Segala fasilitas dan kemudahan ditawarkan dalam paket yang ditawarkan Biro ini. Studi ini untuk mengetahui hal yang melatarbelakangi ketika konsumen memilih Biro Haji sebagai partner perjalanannya dan juga persaingan yang terjadi diantara Biro Haji untuk mendapatkan konsumen. Paradigma yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah paradigma deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teori yang digunakan adalah teori milik Deutsch tentang kerjasama dan persaingan kelompkk. Responden dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dengan 3 orang yang berkerja di Biro Haji dan 3 orang konsumen dari masing-masing Biro Haji. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti/ metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Biro Haji melakukan inovasi seperti pemberian headseat bagi para jamaah dan promosi untuk mendapatkan konsumen dengan cara mempromosikan paket yang ditawarkan melewati media ceta maupun media elektronik (2) Biro Haji bersaing untuk memberikan kemudahan fasilitas yang diinginkan konsumen seperti lokasi tempat penginapan kemudian akomodasi yang digunakan agar konsumen lebih memilih Biro Haji sebagai partner perjalanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 36/15 Pri m
Uncontrolled Keywords: HAJJ BUREAU; CONSUMERS
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
RICKY TEGUH PRIAMBODO, 071114024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUdji Asiyah, Dra. , MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Sep 2015 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 08:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item