Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan)

Achmad Dwiky Kurniawan (2015) Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (494kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (732kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (444kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II DESKRIPSI UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN, ANALISIS DAN INTERPRETASI.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (821kB) | Request a copy
Official URL: https://www.library@lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan SIUP sangat perlu diperhatikan karena berkaitan dengan masyarakat kelas menengah ke bawah untuk mendapatkan legalitas dalam usahanya, yaitu dengan pengurusan surat ijin usaha perdagangan (SIUP) sehingga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi tumpuan hidup mereka dapat memiliki legalitas hukum serta dapat digunakan sebagai akses pinjaman modal dari perbankan. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui inovasi pelayanan jemput bola berdasarkan tipologi inovasi, level inovasi, dan kategori inovasi. Dan juga untuk mengetahui kualitas pelayanan dari Pelayanan Jemput Bola tersebut.Untuk mengetahui bagaimana penerapan Pelayanan Jemput Bola dapat meningkatkan kualitas pelayanan digunakan 5 aspek peningkatan kualitas pelayanan menurut Zeithamal, Parasuraman dan Berry yaitu Tangibles, Realibility, Responsivenes, Assurance dan Emphaty. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik, kualitas pelayanan publik, serta teori tentang inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan. Informan yang diambil dalam penelitian ini para pemohon SIUP yang menggunkan pelayanan jemput bola, dan Petugas Pemberi Pelayanan. Untuk teknik penentuan informan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam skripsi ini dapat disimpulkan bahwa inovasi pelayanan yang dilakukan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan hanya sebatas cara atau metode dalam pemberian layanan saja. Dan juga dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan jemput bola sudah baik. Saran yang bisa diberikan dalam pelaksanaan pelayanan jemput bola di BPMP Kabupaten Lamongan adalah perbaikan fsilitas dan jam pelayanan jemput bola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 43/15 Kur i
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kualitas pelayanan, pelayanan publik, inovasi, Pelayanan Jemput Bola
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Dwiky KurniawanNIM071111053
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo PutroUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:00
Last Modified: 06 Feb 2020 03:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item