IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STRATEGI PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PELAKSANAAN DESA MODEL DI KELURAHAN MONDOKAN KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN)

MOTIC DEVIANAO NOVANDRIC, 071111034 (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STRATEGI PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PELAKSANAAN DESA MODEL DI KELURAHAN MONDOKAN KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-novandricm-38666-6.abstr-k.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
281.gdlhub-gdl-s1-2015-novandricm-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya pemerintah Kabupaten Tuban dalam menindaklanjuti percepatan penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan menggunakan konsep Desa Model. Penanganan kemiskinan tidak dapat sekaligus tertangani ,upaya penanganan kemiskinan harus dimulai dari lingkup pemerintahan terkecil dulu yaitu desa. Konsep Desa Model tersebut menetapkan dua puluh Desa dari dua puluh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban yang notabene adalah Desa dengan penduduk miskin tertinggi sebagai lokus dan focus dari berbagai bentuk program penanggulangan kemiskinan yang ada, sehingga diharapkan dua puluh desa model yang telah ditetapkan dapat menjadi contoh bagi desa lainnya dalam hal penanganan kemiskinan. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan implementasi strategi penanggulangan kemiskinan melalui Desa Model yang dilaksanakan di Kelurahan Mondokan sebagai salah satu lokasi yang ditetapkan sebagai Desa Model dengan berdasarkan teori model implementasi S.Smith. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive dan snowball sampling. Data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan dan mengkombinasikan data yang diperoleh dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan percepatan penanggulangan kemiskinan melalui strategi desa model di Kelurahan Mondokan telah berjalan jika dilihat dari teori S. Smith Kekurangan yang utama terlihat pada faktor Idealized Policy yag menilai bahwa komunikasi yang terjain antar organisasi hanya melalui Musrenbang. Selain itu itu kegiatan-kegiatan pelaksanaan yang terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap persiapan kegiatan yang didalamnya mencangkup identifikasi sasaran dan pembentukan kelompok masyarakat penerima bantuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 49/15 Nov i
Uncontrolled Keywords: POVERTY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOTIC DEVIANAO NOVANDRIC, 071111034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGitadi Tegas S, Drs. ,MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 02:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item