CO-CREATING INNOVATION (STUDI DESKRIPTIF PROSES CO-CREATING INOVASI DI UPT PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (P2T) JAWA TIMUR)

AL DHITA IKA PUTRI IRIANTI, 071111020 (2015) CO-CREATING INNOVATION (STUDI DESKRIPTIF PROSES CO-CREATING INOVASI DI UPT PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (P2T) JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-iriantiald-38728-8.abstr-k.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16089.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses co-creating inovasi dan melihat peran-peran yang dilakukan oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive dan snow ball. Data yang diperoleh berasal dari wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan dan mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian keterkaitan antara data tersebut. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses co-creating inovasi di UPT Pelayananan Perizinan Terpadu (P2T) Jawa Timur diawali dengan memenuhi dua elemen penting. Pertama adalah lingkungan inovasi yang mencakup dimensi transparansi, kolaborasi, dan komunikasi. Lingkungan inovasi yang dibangun sudah cukup kondusif meskipun masih terdapat kekurangan pada transparansi anggaran. Kedua adalah platform inovasi yang mencakup dimensi kontribusi dan landasan hukum. Masyarakat lebih banyak terfokus pada perannya sebagai explorer yang melaporkan dan mengidentifikasi permasalahan. Sebagian masyarakat juga melakukan perannya sebagai ideator yang memberikan ide-ide kreativnya untuk inovasi. Keterlibatan masyarakat telah sesuai dengan Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, dan peraturan lainnya yang menjadi landasan. Berdasarkan hal itu peneliti memberi saran bagi UPT P2T Provinsi Jawa Timur untuk lebih meningkatkan transparansi anggaran. Perlu juga menyediakan wadah secara online yang lebih terfokus pada masing-masing peran. Karena pada saat ini wadah yang tersedia hanya kotak kritik dan saran yang bersifat umum untuk semua peran. Kemudian saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar lebih terfokus pada peran-peran yang dapat dilakukan masyarakat. Sejauh mana tingkat pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam peran-peran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 57/15 Iri c
Uncontrolled Keywords: CO-CREATING INNOVATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AL DHITA IKA PUTRI IRIANTI, 071111020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJusuf Irianto, Prof. Dr. H., Drs., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item