AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ANGGARAN MELALUI E-GOVERNMENT (Studi tentang Penganggaran di Pemerintahan Daerah Kabupaten Blitar)

BINTI SA'ADAH, 071011006 (2015) AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ANGGARAN MELALUI E-GOVERNMENT (Studi tentang Penganggaran di Pemerintahan Daerah Kabupaten Blitar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-saadahbint-38793-9.abstr-t.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-saadahbint-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Blitar terkait penerapan e-government. Berkaitan dengan tujuan penelitian, maka lokasi yang dipilih adalah Pemerintah Kabupaten Blitar. Lokasi tersebut dipilih karena Kabupaten Blitar merupakan salah satu kabupaten yang memiliki transparansi anggaran yang baik dan dilaksanakan secara online yang menggunakan kemajuan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Peneliti hendak menggali informasi secara mendalam dari orang yang sangat mengetahui fokus penelitian. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini ialah Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Blitar, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Sekretariat DPRD Kabupaten Blitar, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Blitar. Proses pelaksanaan perencanaan program sampai penganggaran di Pemerintahan Kabupaten Blitar masih menggunakan sistem manual. Namun dalam upaya pertanggungjawaban anggaran dan transparansi anggaran maka pemerintah Kabupaten Blitar memanfaatkan teknologi informasi melalui penerapan e-government. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan akuntabilitas dan transparansi anggaran di pemerintahan kabupaten Blitar sudah terwujud. Terwujudnya akuntabilitas dapat dilihat dari upaya pemerintah untuk mempublikasi proses dan dokumentasi pelaksanaan penganggaran Pemerintahan Kabupaten Blitar, namun hasil pertanggungjawaban anggaran kabupaten Blitar dari hasil pemeriksaan BPK masih Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Perwujudan transparansi informasi anggaran dalam penelitian ini dapat dilihat melalui terbukanya informasi tentang anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 68/15 Sa'a a
Uncontrolled Keywords: RESPONSIBILITY; BUDGETING; E-GOVERNMENT
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BINTI SA'ADAH, 071011006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAntun Mardiyanta, Dr. ,Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 03 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 02:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item