KEMITRAAN PENGEMBANGAN UMKM (Studi Deskriptif Tentang Kemitraan PT. PJB (Pembangkit Jawa Bali) Unit Gresik Dengan UMKM Kabupaten Gresik)

NABILA GHASSANI, 071011098 (2015) KEMITRAAN PENGEMBANGAN UMKM (Studi Deskriptif Tentang Kemitraan PT. PJB (Pembangkit Jawa Bali) Unit Gresik Dengan UMKM Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-ghassanina-38817-8.abstr-k.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
301.gdlhub-gdl-s1-2015-ghassanina-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah sebuah usaha ekonomi produktif yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian mengenai kemitraan dalam pengembangan UMKM yang dilaksanakan oleh salah satu perusahaan BUMN yaitu PT PJB Unit Gresik bekerja sama dengan stakeholder lain yaitu BP4K dan masyarakat setempat. Hal ini merujuk pada pembahasan mengenai bagaimana bentuk kemitraan program CSR ini dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat selama pelaksanaan program. Lokasi yang diambil untuk melakukan penelitian adalah di Kantor PT PJB Unit Gresik, Gresik. Kemitraan yang dilakukan oleh PT PJB Unit Gresik ini melalui program berbasis Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah diatur oleh peraturan pemerintah yang berlaku sehingga merupakan kewajiban suatu perusahaan BUMN untuk melakukan program CSR tersebut dengan tujuan mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, serta UMKM daerah sekitar perusahaan menjadi mandiri dan professional. Penelitiian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan penelitian dengan cara purposive. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data yaitu dengan mereduksi data,, penyajian dan terakhir kesimpulan. Di samping itu, penelitian ini juga menguji keabsahan data yang diperoleh dengan membandingkan informasi dengan data sekunder serta membandingkan informasi dengan data yang relevan. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan kemitraan program CSR oleh PT PJB Unit Gresik dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Gresik belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 72/15 Gha k
Uncontrolled Keywords: PARTNERSHIP; CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NABILA GHASSANI, 071011098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBintoro Wardiyanto, Dr. ,Drs, MsUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 09 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item