INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (Adopsi Inovasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada UMKM Kampung sepatu Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya)

MOHAMMAD RIZAL SAIFULLAH (2015) INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (Adopsi Inovasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada UMKM Kampung sepatu Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2023.

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2023.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2023.

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2023.

Download (280kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan seiring datangnya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan pasar akan semakin ketat. Disisi lain masih ditemukan banyak sektor ekonomi UMKM di Indonesia yang mengalami kesulitan dalam menghadapi persaingan pasar. Seperti kasus pada kampung sepatu Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Bahkan kegiatan usaha sepatu tersebut terancam tidak mampu beroperasi karena ketidakmampuannya dalam bersaing disamping generasi penerus yang mulai berkurang. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian telah merancang program pengembangan UMKM. Dalam program tersebut mencakup kegiatan terkait pemanfaatan teknologi informasi. Dikarenakan UMKM merupakan penggerak pertumbuhan ekonomi, sehingga perlu dikembangkan dan ditingkatkan daya saingnya. Sedangkan pemanfaatan teknologi informasi memberikan peluang bagi UMKM untuk memperluas akses pasar dan menciptakan peluang bisnis lainnya. Berdasarkan fenomena di atas, peneliti berusaha mendapatkan jawaban bagaimana adopsi inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi pada UMKM di kampung sepatu, Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Metodologi yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif dimana pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode purposive sampling dan berkembang menggunakan snowball sampling. Peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan akhir penelitian ini bahwa adopsi inovasi melalui pemanfaatan teknologi informasi oleh pelaku UMKM di kampung sepatu, Tambak Osowilangon Kecamatan Benowo, Surabaya belum optimal dan sulit dilakukan. Mereka terhambat oleh sejumlah aspek dalam upaya pemanfaatan teknologi informasi yakni, kemampuan dalam mendayagunakan teknologi informasi (biaya), pengalaman terdahulu dalam menggunakan teknologi (pendidikan), dan kompleksitas teknologi informasi (biaya, keahlian, dan material/perlengkapan)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 74/15 Sai i
Uncontrolled Keywords: INNOVATION; INFORMATION TECHNOLOGY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MOHAMMAD RIZAL SAIFULLAHNIM070911083
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiNIDN'0026026306
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 09 Nov 2015 12:00
Last Modified: 04 Jun 2020 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16103
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item