Implementasi Kebijakan Kerjasama Antar Daerah (Studi Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Kabupaten Sidoarjo Dan Kabupaten Pasuruan)

Fitria Andalus Handayani (2015) Implementasi Kebijakan Kerjasama Antar Daerah (Studi Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin Di Kabupaten Sidoarjo Dan Kabupaten Pasuruan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
304.gdlhub-gdl-s1-2015-handayanif-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (501kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (531kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2023.

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PENYAJIAN DATA, ANALISIS DATA, DAN INTERPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2023.

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2023.

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2023.

Download (128kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kesehatan mempunyai peranan penting dalam menjawab kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan. Layanan kesehatan adalah salah satu jenis layanan publik yang merupakan ujung tombak dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Pemerintah mendirikan lembaga kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Umum Pusat. Lembaga kesehatan yang sering diakses oleh masyarakat adalah Puskesmas. Keterbatasan fasilitas yang ada pada puskesmas, membuat masyarakat memilih rumah sakit umum daerah menjadi rujukan untuk mengakses layanan kesehatan. Sistem rujukan pelayanan kesehatan di rumah sakit tipe C harus dirujuk ke rumah sakit tipe B dan tidak boleh langsung ke tipe A. Maka untuk keperluan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat miskin di Kabupaten Pasuruan khususnya penanganan kegawatdaruratan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo dimana RSUD Sidoarjo merupakan RSUD tipe B sedangkan RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan merupakan Rumah Sakit Umum tipe C. Adanya permasalahan pelayanan kesehatan antar daerah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo melatarbelakangi adanya kerjasama antara kedua daerah yang bertujuan untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin yang akan melakukan rujukan ke RSUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan kerjasama antar daerah Kabupaten Sidoarjo dengan Kabupaten Pasuruan tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin Kabupeten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis interaktif, didalam model analisis interaktif terdapat tiga aktivitas/kegiatan yang harus dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang oleh peneliti, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi kebijakan kerjasama antar daerah tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin di Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan berjalan kurang efektif. Dalam pelaksanaannya ditemukan kendala mengenai batas waktu klaim. Selain itu, informasi mengenai data base masyarakat miskin di kedua daerah yang bekerjasama masih kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 75/15 Han i
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, Kerjasama antar Daerah, Pelayanan Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Fitria Andalus HandayaniNIM071111072
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas SNIDN0006035904
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 09 Nov 2015 12:00
Last Modified: 01 Apr 2020 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16104
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item