FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERBENTUKNYA JALUR PENYELAMATAN PENCARI SUAKA KOREA UTARA (ASIA’S UNDERGROUND RAILROAD)

MARINA SEPTIANI, 071112055 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERBENTUKNYA JALUR PENYELAMATAN PENCARI SUAKA KOREA UTARA (ASIA’S UNDERGROUND RAILROAD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-septianima-39123-12.abst-k.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
314.gdlhub-gdl-s1-2015-septianima-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Isu pengungsi dan pencarian suaka saat ini tidak hanya sekedar permasalahan migrasi, tapi menjadi isu yang sensitif antar negara, Banyak negara enggan menerima para pencari suaka atau menghindari berurusan dengan pengungsi karena permasalahan keamanan dan penambahan beban kesejahteraan. Banyaknya negara yang enggan berurusan dengan pengungsi atau pencari suaka menjadikan isu ini sulit terselesaikan dan justru menjadikan para pencari suaka berada dalam keadaan yang lebih buruk lagi. Untuk mengisi kekosongan negara di beberapa bagian ini, maka aktor non-negara membentuk jaringan dan hadir membantu para pencari suaka ini. Dalam kasus pencari suaka Korea Utara, jaringan aktor non-negara ini membangun jalur penyelamatan rahasia atau disebut juga sebagai Asia’s underground railroad, suatu jalur penyelmatan yang melewati batas-batas negara, melintasi daratan Tiongkok hingga Mongolia di bagian utara dan Asia Tengara di bagian selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan mengenai terbentuknya jalur Asia’s underground railroad ini, dan faktor apa saja yang membentuknya. Asia’s Underground Railroad bertujuan membantu para pelintas batas dari Korea Utara ini untuk mendapatkan suaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jalur ini dibentuk karena adanya kerja transnational advocacy network (TAN) dan juga adanya perbedaaan kebijakan dari negara-negara yang menajdi transit-poibtyang dimanfaatkan oleh TAN bagi pembentukan jalur ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. HI. 59/15 Sep f
Uncontrolled Keywords: TRANSNATIONAL ADVOCACY NETWORK; ASIA'S UNDERGROUND RAILROAD
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3195 National territory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MARINA SEPTIANI, 071112055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAjar Triharso, Drs. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16114
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item