RELASI KEKUASAAN DALAM INTERAKSI DOKTER DAN PASIEN PADA PEMBERIAN LAYANAN KESEHATAN (Studi Kualitatif pada Dokter dan Pasien yang Melakukan Pengobatan di Rumah Sakit Umum, Dr. Soetomo, Surabaya)

MICHELLE SURYAPUTRA, 071211432027 (2015) RELASI KEKUASAAN DALAM INTERAKSI DOKTER DAN PASIEN PADA PEMBERIAN LAYANAN KESEHATAN (Studi Kualitatif pada Dokter dan Pasien yang Melakukan Pengobatan di Rumah Sakit Umum, Dr. Soetomo, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2016-suryaputra-40418-5.abstr-k.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai relasi kekuasaan dalam interaksi dokter dengan pasien pada pemberian layanan kesehatan bertujuan untuk mengkaji dua permasalahan utama, yaitu mekanisme dominasi kekuasaan dalam interaksi dokter dan pasien pada pemberian layanan kesehatan dan efek yang ditimbulkan dari adanya dominasi kekuasaan dalam interaksi dokter dan pasien. Penelitian ini menggunakan paradigm teori kritis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam dan observasi di lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori relasi kekuasaan Michel Foucault dan teori interaksi Szass dan Holender. Kemudian, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive. Sehingga, informan subjek dalam penelitian ini adalah enam orang pasien yang pernah dan sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit Umum, Dr. Soetomo, Surabaya. Sedangkan, informan non subyek dalam penelitian ini adalah empat orang dokter yang pernah dan sedang bekerja di Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain praktik dominasi kekuasaan dokter dengan pasien dilanggengkan melalui berbagai cara, seperti normalisasi alur berobat pasien, regulasi dalam tata tertib rumah sakit Adanya stratifikasi dalam sistem pengambilan keputusan dokter yang melibatkan dokter muda, dokter ppds, chief (kepala ruangan), dan dokter spesialis. Pemberian saran atau resep obat yang berlandaskan ideologi kapitalisme untuk menundukkan pasien secara ekonomi. Melalui prosedur medis atau informed consent yang dilegalkan oleh pihak rumah sakit, dan cara halus yang digunakan oleh dokter untuk mempersuasi pasien. Sedangkan, tindakan yang dilakukan pasien ketika mengalami dominasi kekuasaan antara lain perlawanan dalam skala kecil. Selain menimbulkan perlawanan, adapula dampak material dan non material yang harus ditanggung pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 05/16 Sur r
Uncontrolled Keywords: POWER RELATIONS; PSYCIAN AND PATIENT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
MICHELLE SURYAPUTRA, 071211432027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 01 Mar 2016 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item