Pola Interaksi Sosial Anggota Marching Band Semen Indonesia (Studi Deskriptif Mengenai Bentuk dan Jenis Interaksi Sosial Antara Anggota Marching Band Semen Indonesia)

RIZALDI DEWABRATA (2015) Pola Interaksi Sosial Anggota Marching Band Semen Indonesia (Studi Deskriptif Mengenai Bentuk dan Jenis Interaksi Sosial Antara Anggota Marching Band Semen Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (559kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN DAN SEJARAH UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III BENTUK DAN JENIS POLA INTERKASI SOSIAL ANGGOTA MARCHINGBAND SEMEN INDONESIA SERTA ANALISIS INTERKASI SOSIAL ANTAR ANGGOTA MARCHINGBAND.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (760kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seni musik adalah bentuk ekspresi perasaan atau pikiran yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Bisa dikatakan, bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Suara musik yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen, yaitu: irama, melodi, dan harmoni. Marching band merupakan kegiatan yang dilakukan oleh beberapa musisi yang bermain musik secara bersama-sama dan dilakukan sambil berjalan untuk mengiringi suatu perayaan ataupun festival. Marching Band Semen Indonesia merupakan salah satu marching band yang cukup disegani dalam tingkat nasional maupun internasional. Jumlah anggota sebanyak 231 anggota aktiv yang terdiri dari junior dan senior. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yang berusaha menggambarkan dan mengurai sebuah fenomena atau kenyataan sosial dalam hal ini yaitu interaksi sosial anggota marching band Semen Indonesia di Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini penentuan informan dipilih secara sengaja dengan ketentuan bahwa orang yang dipilih sebagai informan mengetahui objek penelitian peneliti seperti yang dikemukakan oleh Spradley. Dalam penelitian ini lokasi yang digunakan untuk penelitian adalah di daerah Wisma Semen Indonesia, yang merupakan tempat diadakannya latihan dan berkumpul para anggota marching band Semen Indonesia. Peneliti tertarik untuk meneliti marching band Semen Indonesia karena marching band ini merupakan marching yang memiliki banyak anggota dan terkenal di wilayah Gresik sendiri. Berdasarkan penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak latar belakang yang mendasari bergabungnya anggota marching band Semen Indonesia, mulai dari ajakan teman, sarana penyaluran hobi dan adanya keinginan untuk melanjutkan kegiatan marching band yang sudah pernah mereka ikuti sebelumnya, adanya berbagai macam jenis interaksi sosial yang terjadai antara anggota marching band Semen Indonesia yaitu asosiatif, disasosiatif dan interaksi simbolik. Interaksi asosiatif banyak terjadi antara sesama anggota junior, sedangkan untuk antara anggota junior kepada senior dan pelatih ini merupakan bentuk interaksi yang horizontal dan bersifat simbolik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 06/16 Dew p
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Marching Band, Asosiatif, Diasosiatif.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
RIZALDI DEWABRATANIM071017016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRustinsyahNIDN0005125804
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Mar 2016 12:00
Last Modified: 01 Jun 2020 02:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item