KORELASI UMUR IBU MELAHIRKAN DENGAN PANJANG LAHIR DAN BERAT BADAN LAHIR BAYI UMUR 0 HARI (Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi)

KHOIRUN NISA AULIA SUKMANI, 071211733041 (2016) KORELASI UMUR IBU MELAHIRKAN DENGAN PANJANG LAHIR DAN BERAT BADAN LAHIR BAYI UMUR 0 HARI (Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Umur ibu merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada kondisi bayi saat dilahirkan yaitu, berat badan lahir dan panjang lahir yang dikategorikan menjadi rendah, normal, atau tinggi. Faktor lain yang berpengaruh adalah berat badan ibu, urutan kelahiran , dan kondisi ibu saat hamil, sehingga pengetahuan ibu saat hamil saat diperlukan. Penelitian ini dilakukan karena tingginya angka pernikahan dini, data Kementrian Agama Kabupaten Banyuwangi menyebutkan bahwa angka pernikahan dini <16 tahun meningkat setiap tahunnya. Permasalahan dan tujuan penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara umur ibu saat melahirkan, berat badan ibu, dan urutan kelahiran dengan panjang lahir dan berat badan lahir bayi. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantatif dengan uji statistik Contingency Coefficient Test dan taraf kesalahan 95%. Populasi dan sampel adalah ibu yang berumur 15 – 26 tahun, serta telah melahirkan di rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Sampel pada penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, sampel harus memenuhi kriteria data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan umur ibu saat melahirkan App.Sig: 0.278 (BBL) dan App.Sig: 0.289 (PL), berat badan ibu App.Sig: 0.732 (BBL) dan App.Sig: 0.289 (PL), urutan kelahiran App.Sig: 0.391 (BBL) dan App.Sig: 0.127 (PL). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tidak adanya hubungan signifikan atau hubungan yang terjadi rendah atau lemah antara umur ibu, berat badan ibu, dan urutan kelahiran dengan panjang lahir dan berat badan lahir. Faktor lain yang mempengaruhi adalah pemenuhan gizi ibu saat hamil dan perawatan janin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 11/16 Suk k
Uncontrolled Keywords: MATERNAL AGE; BIRTH WEIGHT; BIRTH LENGTH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KHOIRUN NISA AULIA SUKMANI, 071211733041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLucy Dyah hendrawati, ,S.Sos, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Mar 2016 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16137
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item