TRADISI TA'ZIRAN (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Raudlatul Muta'allimin Desa Datinawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan-Jawa Timur)

LAILATUS SAIDAH, 071211732021 (2016) TRADISI TA'ZIRAN (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Raudlatul Muta'allimin Desa Datinawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan-Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ta'zir adalah suatu sanksi yang diberikan oleh santri yang telah melakukan pelanggaran tata aturan di pondok pesantren, yang bertujuan untuk mendidik santri dan menanamkan akan pentingnya sikap disiplin dan bertanggung jawab. Ta'zir merupakan salah satu tradisi yang membudaya di pondok pesantren yang sampai sekarang masih dipertahankan karena sangat diperlukan untuk menegakkan peraturan dan menjaga kestabilan kehidupan, dalam pelaksanaan ta’ziran ini melibatkan semua unsur dalam pondok pesantren yaitu pengasuh, pembina, santri dan wali santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan ta’ziran di pondok dan mengapa tradisi ta’ziran ini tetap dipergunakan dan masih bertahan sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tradisi pemberian sanksi bagi santri yang melanggar dan menggambarkan penyebab yang menjadikan tradisi ta’ziran ini bisa bertahan. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Raudaltul Muta‟allimin Lamongan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme Bronislaw Malinowski bahwa masyarakat merupakan sistem yang kompleks yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling bergantung, dan setiap bagian tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap bagian-bagiannya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dan informan dipilih secara purposive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 16/16 Sai t
Uncontrolled Keywords: BOARDING SCHOOL; TA'ZIRAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
LAILATUS SAIDAH, 071211732021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Mar 2016 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item