FUNGSI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) BAGI PETANI DESA POJOKKULON KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

NETY NAYU INDRAWATI, 071117057 (2016) FUNGSI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) BAGI PETANI DESA POJOKKULON KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gapoktan atau gabungan kelompok tani merupakan kelembaga pertanian yang dibuat oleh pemerintah. Gapoktan dibuat pemerintah dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan pertanian dari sektor permodalan hingga pengolahan hasil pertanian. Gapoktan di Desa Pojokkulon mendapatkan prestasi dengan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Jawa Timur 2013 sebagai Gapoktan Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan dalam Pemberdayaan Masyarakat (PLDMP) yang mendapatkan juara III, Penghargaan Penyuluhan Petani Berprestasi Tingkat Jawa Timur mendpatkan juara I, Penghargaan Gapoktan Berprestasi Tingkat Nasional 2014 dan Penghargaan lombaga Kelompok Tani Se-Kabupaten Jombang juara I. prestasi yang dimiliki memberikan manfaat bagi petani di Desa Pojokkulon. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti “Bagaimana fungsi Gapoktan bagi petani Desa Pojokkulon?”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumen-dokumen lain, dalam kajian fungsional. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2015 di Desa Pojokkulon. Hasil dari penelitian ini bahwa fungsi Gapoktan Pojokkulon adalah a) menyediakan kredit bagi anggota Gapoktan, melalui kegiatan simpan pinjam musiman dan simpan pinjam bulanan; b) membantu memasarkan hasil pertanian melalui kegiatan sistem penjualan dan pembelian berupa gabah dan beras, sistem menunda penjualan beras dan menjual beras dengan harga murah; c) membantu petani dengan menyewakan peralatan pertanian; dan d) membasmi hama secara berkelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 17/16 Ind f
Uncontrolled Keywords: FARMER; VILLAGE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
NETY NAYU INDRAWATI, 071117057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRustinsyah, Dr. , Dra.,MsiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Mar 2016 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 07:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16142
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item