HUBUNGAN PERKAWINAN ENDOGAMI DENGAN KELAINAN BAWAAN LAHIR (Studi Deskriptif di Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo)

DIAH AYU NUR ROCHMAWATI, 071211732025 (2016) HUBUNGAN PERKAWINAN ENDOGAMI DENGAN KELAINAN BAWAAN LAHIR (Studi Deskriptif di Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkawinan merupakan suatu peristiwa yang penting untuk proses keberlangsungan keturunan manusia dimanadari setiap keturunan akan membawa sifat genetik dari induknya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara perkawinan endogami dengan kelainan bawaan lahir.Besar sampel 46 adalah kepala keluarga kemudian dibedakan berdasarkan model perkawinan (Perkawinan Endogami dan Perkawinan Eksogami) dan memiliki anak penderita cacat bawaan lahir (cacat mental, cacat fisik, idiot, kerdil, tunarungu, dan tunanetra). Data yang diperoleh yang dihitung dengan melakukan uji chi-square.Indepth interview dilakukan untuk menyusun prosedur perolehan informasi tentang aspek material dari ego hingga tiga generasi sebelumnya.Mean Matrimonial Radius (MMR) digunakan untuk melihat mobilitas perkawinan mereka. Mayoritas penduduk Desa Sidoharjo melakukan perkawinan endogami lokal. MMR menunjukkan bahwa mobilitas perkawinan hanya terdapat di sekitar lokasi Desa Sidoharjo dilihat dari perkawinan kakek dan nenek dari ego. MMR menjadi lebih luas karena orang tua dari ego kawin dengan masyarakat di luar Desa Sidoharjo. Hasil penelitian diperoleh X2 hitung sebesar 3.278, dengan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian hipotesis (Ho) diterima yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perkawinan endogami dengan munculnya cacat bawaan lahir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 23/16 Roc h
Uncontrolled Keywords: MARRIAGE; CONGENITAL DEFECTS; MEAN MATRIMONIAL RADIUS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAH AYU NUR ROCHMAWATI, 071211732025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorToetik Koesbardiati, Dr. Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Mar 2016 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item