PERSELISIHAN KEPENTINGAN ANTARA KOMUNITAS IJIN PEMAKAIAN TANAH DENGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA ( Studi Deskriptif Tentang Perselisihan Kepentingan Antara Komunitas "Surat Ijo" Dengan Pemerintah Kota Surabaya)

ARNITYASARI IKA PUTRI, 070610215 (2011) PERSELISIHAN KEPENTINGAN ANTARA KOMUNITAS IJIN PEMAKAIAN TANAH DENGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA ( Studi Deskriptif Tentang Perselisihan Kepentingan Antara Komunitas "Surat Ijo" Dengan Pemerintah Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-putriarnit-20192-fisan1-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putriarnit-16942-fisan1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu menggambarkan perselisihan kepentingan antara komunitas surat ijo dengan Pemerintah Kota Surabaya. Peneliti mengambil lokasi di Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya, Dinas Cipta Ruang dan Tata Karya dan di beberapa wilayah surat ijo di Kota Surabaya . Latar belakang dari penelitian ini adalah Peraturan Daerah Kotamadya Surabaya Nomor 1 Tahun 1997 Tentang Ijin Pemakaian Tanah, dokumen ijin pemakaian tanah inilah yang disebut surat ijo, surat ijo ini diterbitkan untuk masyarakat yang menempati tanah-tanah milik Pemerintah Kota Surabaya. Pemegang surat ijo diwajibkan untuk membayar retribusi setiap tahun. Selain diwajibkan membayar retribusi masyarakat juga tidak memperoleh kepastian hukum atas tanah surat ijo yang mereka tempati. Namun bagi Pemerintah Kota Surabaya, tanah surat ijo merupakan aset Pemerintah Kota yang tidak bisa dilepas begitu saja, karena merupakan sumber pendapatan asli daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitiannya adalah deskriptif. Temuan-temuan data didapat melalui wawancara mendalam, pengamatan serta penggunaan dokumen. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposif yang diikuti dengan teknik snowball. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data dengan membandingkan hasil dari wawancara, pengamatan dan dokumen yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perselisih kepentingan antara komunitas surat ijo dengan Pemerintah Kota Surabaya terjadi karena bagi Pemerintah Kota Surabaya surat ijo adalah sumber pendapatan asli daerah, namun untuk komunitas surat ijo, tanah surat ijo adalah tanah yang sudah mereka tempati selama puluhan tahun, dan mereka merasa berhak untuk memiliki tanah surat ijo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 15/11 Put p
Uncontrolled Keywords: LAND USE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARNITYASARI IKA PUTRI, 070610215UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSunaryo, Drs., MPStUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 02:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item