IMPLEMENTASI PROGRAM JAMKESMAS DI RSUD Dr. SOETOMO (Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Program Jamkesmas di RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

YUNIAR DWI RANTINI, 070710439 (2011) IMPLEMENTASI PROGRAM JAMKESMAS DI RSUD Dr. SOETOMO (Studi Deskriptif Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Program Jamkesmas di RSUD Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rantiniyun-20239-fisan4-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rantiniyun-16990-fisan4-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting yang ada di negara ini. Pemenuhan akan kebutuhan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan tanggung jawab Pemerintah, utamanya untuk masyarakat miskin. Untuk menjalankan tanggung jawab tersebut, Kementerian Kesehatan merumuskan dan menetapkan suatu kebijakan yaitu program Jamkesmas. Program jamkesmas merupakan program yang difokuskan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan akses layanan kesehatan. Rumah Sakit Dr. Soetomo yang merupakan Rumah Sakit terbesar di Jawa Timur ditunjuk sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan bagi pasien Jamkesmas. Dengan alasan tersebut, maka peneliti akan memfokuskan perhatian penelitian pada implementasi program Jamkesmas yang ada di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi program Jamkesmas di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Sedangkan permasalahan kedua ialah bagaimakah faktor-faktor determinan yang mempengaruhi implementasi program Jamkesmas di RSUD Dr.Soetomo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan, dengan menggunakan key informan yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang terdapat dalam implementasi program Jamkesmas di RSUD Dr Soetomo adalah mekanisme penetapan peserta masih belum mencakup seluruh masyarakat miskin, adanya batasan obat yang dijamin dalam program Jamkesmas, persyaratan yang cukup rumit bagi peserta Jameksmas. Adapun faktor-faktor determinan yang mempengaruhi implementasi program Jamkesmas di RSUD Dr. Soetomo, yakni adanya faktor sumberdaya yang meliputi sumberdaya staf, dana, dan fasilitas. Untuk faktor struktur birokrasi sudah memiliki SOP dan mekanisme yang jelas sehingga berpengaruh baik pada implentasi program Jamkemsas itu sendiri. Faktor komunikasi dalam hal kejelasan tidak berjalan dengan baik, karena masih banyak pasien yang belum jelas dalam memperoleh imformasi. Dan untuk faktor disposisi para aparat pelaksana sudah menjalankan cukup baik dalam penyelesaian tugas-tugasnya dan memahami tentang program Jamkesmas. Serta adanya faktor dukungan kelompok sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 43 /11 Ran i
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY HEALTH SERVICES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
YUNIAR DWI RANTINI, 070710439UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyuni TriyanaUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Oct 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 00:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item