AKTIVITAS MAHASISWA KELOMPOK DAKWAH TARBIYAH IKHWANUL MUSLIMIN (Studi Tentang Konstruksi Sosial Keagamaan Pada Aktivis Dakwah Mahasiswa Universitas Airlangga)

ESTI DARMAWATI, 070810421 (2013) AKTIVITAS MAHASISWA KELOMPOK DAKWAH TARBIYAH IKHWANUL MUSLIMIN (Studi Tentang Konstruksi Sosial Keagamaan Pada Aktivis Dakwah Mahasiswa Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-darmawatie-26057-8.abstr-t.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16191.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan secara dalam realitas keberagamaan dalam proses penerimaan ideologi dalam perspektif Petter L Berger, serta mengetahui bagaimanakah pola pemikiran Ikhwanul Muslimin dikonstruksikan dan dibentuk sebagai suatu realitas oleh aktivis dakwah kampus Universitas Airlangga. Metode yang di gunakan adalah kualitatif, di dalam penelitian ini peneliti mencoba memahami secara holistik dari keseluruhan mengenai aktivis dakwah yang berhubungan dengan pola prilaku dalam muamalah dan beragama pada aktivis dakwah secara fleksibel, reflekstif, dan tidak mengambil jarak dengan subyek penelitian. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai partisipant observation, selain melakukan aktivitas ini untuk pecarian data, di dapat melalui wawancara, pengamatan atau observasi. Fakta menarik dari para informan bahwa aktivis dakwah kampus memiliki pola perpindahan yang sama terkait momen-momen konstruksi Berger, kesemuanya telah melalui momen Berger dalam tiga momen dialektikanya, yakni Penelitian ini menjelaskan secara dalam realitas keberagamaan dalam proses penerimaan ideologi dalam perspektif Petter L Berger, serta mengetahui bagaimanakah pola pemikiran Ikhwanul Muslimin dikonstruksikan dan dibentuk sebagai suatu realitas oleh aktivis dakwah kampus Universitas Airlangga. Metode yang di gunakan adalah kualitatif, di dalam penelitian ini peneliti mencoba memahami secara holistik dari keseluruhan mengenai aktivis dakwah yang berhubungan dengan pola prilaku dalam muamalah dan beragama pada aktivis dakwah secara fleksibel, reflekstif, dan tidak mengambil jarak dengan subyek penelitian. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai partisipant observation, selain melakukan aktivitas ini untuk pecarian data, di dapat melalui wawancara, pengamatan atau observasi. Fakta menarik dari para informan bahwa aktivis dakwah kampus memiliki pola perpindahan yang sama terkait momen-momen konstruksi Berger, kesemuanya telah melalui momen Berger dalam tiga momen dialektikanya, yakni Eksternalisasi, Obyektifikasi dan Internalisasi. Pola konstruksi Berger di rasakan oleh informan, namun karakteristik dari tiap informan ini berbeda-beda. Faktor terbesar bagi keberhasilan konstruksi sosial Berger adalah (1) pola pengkaderan di Tarbiyah yang terstruktur dan rapi, (2) pola pengkaderan ini menjadikan banyaknya aktivis dakwah yang dahulunya hanya obyek dakwah, kini menjadi subyek dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS ANT . 02 13 Dar a
Uncontrolled Keywords: Student Activists, Tarbiyah, Social Construction
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ESTI DARMAWATI, 070810421UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPudjio Santoso, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Jul 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item